INIKAH CONCEPT DARI SUZUKI ERTIGA CROSS ITU?

Suzuki Ertiga merupakan sebuah mpv andalan Suzuki yang diproduksi sejak tahun 2012. Mazda pun pernah menjual mpv dengan platform yang sama dengan Suzuki Ertiga, Mazda menggunakan nama VX-1. Selain itu, Proton juga pernah memasarkan Suzuki Ertiga generasi pertama di Malaysia sejak tanggal 24 November 2016 sebagai Proton Ertiga.

Suzuki Ertiga yang saat ini mengaspal adalah Suzuki Ertiga generasi ke 2, meskipun Ertiga telah mengalami facelift seperti Ertiga Dreza. Secara design memang terlihat perbedaan mulai dari generasi pertama ke generasi kedua ini. Terlebih pada sektor eksteriornya.

Model depan ertiga terlihat lebih meruncing, dengan bentuk lampu depan yang meyipit, tidak seperti pada generasi pertama dimana lampu utamanya terlihat lebar. Lalu bagian lampu belakang yang tampilannya kini memanjang kebawah dengan model lampu LED, tidak seperti pada generasi pertama dimana bentuk lampu belakangnya mirip seperti milik Suzuki APV.

Belum lama ini rami didunia maya tentang akan di faceliftnya Suzuki Ertiga, wajar saja seeh, lhaa saat ini lawannya berat boss. Sebut saja Mitsubishi Expander, belum lagi Avanza dan Xeni Baru, dan baru baru ini Nisan dengan paltform Expander pun siap mengaspal. Mau ngak mau Suzuki harus membenahi Ertiga. Seperti yang diketahui bersama Ertiga generasi terbaru atau generasi kedua ini, banyak menyunat atau menghilangkan fiture fiture yang ada pada generasi pertama, dimana banyak orang menyayangkan hal itu.

Nah Suzuki sedang mempersiapkan calon Ertiga baru ini atau facelift. Dengan mengembalikan fiture fiture yang menjadi andalan Suzuki Ertiga pada generasi pertama. Jika melihat concept dari Suzuki Ertiga baru nanti, atau juga yang disebut dengan Ertiga Crossover. Modelnya sebenernya tidak banyak berubah, namun ada beberapa penambahan seperti pada bagian velg. Jika melihat gambar concept dari Ertiga cross ini, Suzuki memberikan model velg baru untuk mpv jagoannya ini.

Concept serupa untuk Ertiga Cross ini sudah sempat dipajang di ajang GIIAS 2018 lalu. Terlihat mirip sekali dengan concept dari Ertiga aru nanti, hanya saja namanya adalah Ertiga Sport.

Jika melihat model Ertiga sport ini, terus terang AD cuma bilang mateeeebbb make B. Tampilannya gahar sporty banget ngak kalah lah sama pabrikan kompetitor. Tampilannya emang ciamik,mungkin memang sebaiknya seperti itulah Ertiga. Mungkinkah concept Ertiga cross seperti Suzuki ertiga sport?, ataukan nama sebenarnya adalah Suzuki Ertiga Sport?, Semoga saja tampilannya memang seperti itu.

Spesifikasi Ertiga 2018
Dimensi
Panjang Keseluruhan (mm)4,395
Lebar Keseluruhan (mm)1,735
Tinggi Keseluruhan (mm)1,690
Jarak Poros Roda (mm)2,740
Kapasitas
Tempat Duduk7 Orang
Tangki bahan bakar45 Liter
Bagasi (3rd Row Setback Raised)153 Liter
Bagasi (3rd Row Setback Folded)550 Liter
Bagasi Max Volume803 Liter
Transmisi
Jenis TransmisiM/T (GA, GL, GX, GX ESP) A/T (GL, GX, GX ESP)
Mesin
JenisK15B, DOHC, VVT
Silinder4
Jumlah katup16
Isi silinder (cc)1,462
Diameter x langkah (mm)71.0 x 85.0
Perbandingan kompresi10.5
Daya Maksimum (PS / rpm)104.7/6,000
Momen puntir maksimum138/4,400
Distribusi bahan bakarMultipoint injection
Rangka
Sistem KemudiRack & Pinion
Suspensi DepanMacPherson strut with coil spring
Suspensi BelakangTorsion beam with coil spring
Rem DepanVentilated disc
Rem BelakangDrum, leading and trailing
Ukuran Ban185/65R15

Author: ANDIKADIEGO

1 thought on “INIKAH CONCEPT DARI SUZUKI ERTIGA CROSS ITU?

Tinggalkan Balasan