LEBIH DEKAT DENGAN YAMAHA FREEGO S

andikadiego.net – Jakarta (24/02/2019). Beberapa waktu lalu AD mendapat kesempatan buat mencicipi Yamaha FreeGo 125, thanks buat kang Kobay (Kobayogasblog). Dapet tugas ngambil si FreeGo di Yamaha Pupar Cakung, kebetulan ngak jauh dari rumah orang tua jadi ya gas kesana. Ditemani sama temen Dade yang mengantar kesana, jadi pulang dari Yamaha AD naek si FreeGo dan si Dade naik Address silver.

Selama perjalanan dari Pupar ke arah rumah di Perum Aneka Elok Jakarta Timur, lewat jalan pintas alias jalan potong tembusan perkampungan industri kecil (PIK). Sedikit banyak merasakan impresinya mengendarai si FreeGo ini, impresi naik FreeGo nanti dipembahasan terpisah yah hehehe.

Untuk kali ini AD akan membahas mengenai detail dari Yamaha FreeGo ini, AD kebetulan dapet unit FreeGo S alias type dari Yamaha FreeGo yang paling tinggi. Nah bagaimana detailnya yuk kita bahas satu per satu mengenai Yamaha FreeGo ini.

 

Design

Design Yamaha FreeGo menurut AD seperti design Yamaha Nmax, tetapi Yamaha Nmax fersi mini. Mungil tetapi ketika duduk di atas Yamaha FreeGo kesan mungil itu seakan hilang. Ketika kita lihat dari jauh FreeGo ini terlihat seperti motor matik kecil, tetapi ketika kita lihat dari dekat kesan kecil seakan hilang bodynya ternyata cukup gambot untuk ukuran matik 125cc.

Mungkin karena penggunaan velg dengan ukuran 12 inch yang membuat Yamaha FreeGo ini terlihat kecil. Nah meskipun Yamaha FreeGo menggunakan velg 12 inch bukan berarti skutik satu ini mudah di naiki. Karena AD yang memiliki tinggi badan sekitar 175an cm saja merasakan bahwasannya matik satu ini tidak serendah kelihatannya. Mungkin yang memiliki tinggi badan dibawah 170an atau 160an cm sepertinya harus agak jinjit sedikit untuk bisa menjaga keseimbangannya.

Dapur Pacu

Yamaha FreeGo dibekali dengan mesin 125 cc, SOHC bluecore, 4 langkah berpendingin udara (air cooled). Yamaha FreeGo dapat menghasilkan tenaga maksimum sekitar 9,8 hp. Tenaga yang cukuplah untuk motor matik 125 cc. Mesinnya sebenarnya cukup identik dengan milik Yamaha Mio M3, atau Mio Z, Mio S atau Yamaha Soul GT 125. Yang pasti sudah menggunakan injeksi untuk sistem suplai bahan bakarnya.

Fiture

Yang menarik dari Yamaha FreeGo ini adalah fiture yang dibenamkan oleh Yamaha untuk skutik nya ini. Seperti penerangan lampu depan yang sudah mengaplikasi technologi LED. Nah untuk type S yang AD gunakan ini, Yamaha sudah memberikan sistem pengereman dengan technologi ABS (Anti-Lock Braking System). Fiture yang jarang ditemukan pada motor kecil lho, dan FreeGo S memilikinya.

Nah untuk variant FreeGo S, Yamaha sudah menyematkan sistem kunci menggunakan remote, atau menggunakan smart key system istilah lainnya Key-Less ignition system. Pada knop Key-Less terdapat tombol untuk membuka jok motor dan juga tombol untuk membuka tutup tangki bbm. Nah pada Yamaha FreeGo ini tangki bbm nya  terdapat di bagian dek depan, tidak berada dibawah jok motor seperti pada umumnya. Karena itulah bagasi Yamaha FreeGo mendapatkan space yang cukup luas, bagasi Yamaha FreeGo berkapasitas sekitar 25 litter bro. Bisa muat sebuah helm half face, dan juga bukup untuk meletakan seperti jas hujan, kanebo dan perintilan lain yang kecil kecil.

Untuk Yamaha FreeGo fersi standard, Yamaha membekalinya dengan knop kunci biasa atau shuttered key maghnet biasa atau scure key system. Dan yang pasti belum dibekali dengan system pengereman dengan ABS. Yamaha FreeGo menggunakan velg 12 dengan ukuran ban belakang 110/90, sedangkan untuk bagian depannya adalah 100/90.

Bagaimana dengan harga Yamaha FreeGo ?, nah Yamaha FreeGo ini kan ada 2 variant. Yamaha FreeGo standard dan Yamaha FreeGo S. Untuk yang standard harganya berkisar 18 jutaan, sedangkan untuk type S harganya sekitar 19 jutaan jika menggunakan ABS maka harganya sekitar 22 jutaan saja.

Mesin
Tipe Mesin Air Cooled 4-Stroke,SOHC
Susunan Silinder Single Cylinder
Diameter x Langkah 52,4 x 57,9 mm
Perbandingan Kompresi 9,5 : 1
Volume Silinder 125 cc
Daya Maksimum 7,0 kW / 8000 rpm
Torsi Maksimum 9,5 Nm/ 5500 rpm
Sistem Starter Electric Starter
Sistem Pelumasan Wet Sump
Kapasitas Oli Mesin Total = 0,84 L ; Berkala = 0,80 L
Sistem Bahan Bakar Fuel Injection
Tipe Kopling Single dry clutch
Tipe Transmisi Full Automatic

 

Dimensi
P x L x T 1905 x 690 x 1100 (mm)
Jarak Sumbu Roda 1275 mm
Tinggi Tempat Duduk 778 mm
Berat Isi 102 Kg
Kapasitas Tangki Bensin 4,2 L
Rangka
Tipe Rangka Underbone
Suspensi Depan Telescopic Fork
Suspensi Belakang Unit Swing
Ban Depan 100/90 – 12M/C 59J – Tubeless
Ban Belakang 110/90-12M/C 64L – Tubeless
Rem Depan Single Disc Brake
Rem Belakang Drum Brake

 

Author: ANDIKADIEGO

2 thoughts on “LEBIH DEKAT DENGAN YAMAHA FREEGO S

Tinggalkan Balasan