IMPRESI MENGENDARAI YAMAHA FREEGO

andikadiego.net – Jakarta (03/03/2019). Setelah beberapa waktu lalu AD membahas detail dari Yamaha FreeGo https://andikadiego.net/2019/02/24/lebih-dekat-dengan-yamaha-freego-s/ , nah kini AD akan membahas mengenai impresinya menggunakan Yamaha FreeGo. Gimana seeh impresinya ?.

Nah yang pasti saat duduk diatas Yamaha FreeGo, untuk orang yang memiliki tinggi badan seperti AD sekitar 175-178 cm kaki bisa menapak cukup sempurna ke tanah. Meskipun Yamaha FreeGo ini menggunakan velg dengan ukuran 12 inch, tetapi yang AD rasakan skutik satu ini terbilang cukup tinggi. Nah untuk mereka yang memiliki tinggi badan di bawah 170 atau 160an cm dapat AD pastikan sepertinya bakalan jinjit.

Setelah berada diatas Yamaha FreeGo ini, putar knop kuncinya kearah on. Kebetulan AD menggunakan type S dimana knop kunci kontaknya sudah menggunakan Key-Less atau smart key system. Menggunakan remote kunci dan jarak remote tidak bisa jauh dari motor agar dapat berfungsi. Putar kunci ke arah on dan pencet tombol starter, seketika Yamaha FreeGo pun menyala. Dan yang menarik adalah saat tombol start ditekan FreeGo menyala dengan halus mengingatkan AD dengan sistem ACG starternya skutik Honda yang halus. Namun meskipun menyala dengan halus, tetapi getaran dari CVT sangat dirasakan diarea kemudi. Getaran akan hilang ketika kita sudah menjalankan skutik satu ini.

Informasi pada display speedo meter terlihat jelas, speedo meter yang sudah menggunakan model digital ini menyajikan informasi yang cukup akurat. Mulai dari jarak tempuh, berapa kecepatannya, penunjuk waktu juga odo meter. Gas cukup enteng saat di ajak jalan dan untuk motor 125 cc skutik satu ini memiliki kecepatan yang okelah, cukup tidak terlalu beringas.

Riding position cukup nyaman, tegak santai (gimana coba tegak santai itu). Namun saat FreeGo AD ajak meliuk liuk atau istilahnya manuver, FreeGo berasa agak berat, mungkin imbas atau effect dari penggunaan bankecil dengan tapak lebar. Namun masih wajarlah menurut AD, suspensi depan FreeGo cukup nyaman enak meredam jalan yang tidak rata. Namun untuk suspensi belakang memang agak berasa bantingannya. Seperti sudah karakter suspensi matik Yamaha yang memang begitu adanya.

Nah ketika kita akan mengisi BBM tinggal arahkan knop kunci smart key system ke tulisan open. Saat knop smart key system di arah tulisan open, maka kita dapat membuka tangki BBM atau bagasi sekalipun. Karena ada tombol untuk membuka tangki BBM dan juga bagasi. Asalkan knopnya mengarah ke tombol open lho.

AD ngak sempet untuk mengukur berapa konsumsi BBM dari Yamaha FreeGo ini, tetapi menurut penuturan kawan kawan yang sudah menggunakan FreeGo ini konsumsi BBM nya terbilang irit. Nah over all nyemplak Yamaha FreeGo ini masih cukup nyaman, dapat mengakomodasi barang yang cukup. Karena dilengkapi bagasi yang lumayan luas, karena memiliki kapasitas 25 literan. Ohh iya untuk pengereman, karena AD menggunakan type tertinggi dari Yamaha FreeGo. Sudah menggunakan rem ABS jadi saat mengerem terbilang cukup nyaman, tidak langsung mengunci.

 

Author: ANDIKADIEGO

1 thought on “IMPRESI MENGENDARAI YAMAHA FREEGO

Tinggalkan Balasan