MELIHAT KYMCO RACING KING 150i

andikadiego.net – Jakarta (05/03/2019). Holla Bro and Sis, akhirnya AD nulis Kymco Racing King 150i juga hehehehe. Beberapa waktu lalu AD berkesempatan njajal sebuah motor matik atau skutik pabrikan asal Taiwan. Matik kecil tetapi dengan tenaga yang luar biasa. Sebuah Kymco Racing King 150i dapat AD tunggangi hahahaha dan melihat dari dekat seperti apa seeh Kymco Racing King 150i itu.

Jika melihat dari dekat wujud dari Kymco Racing King 150i, secara dimensi seperti melihat Yamaha FreeGo. Hanya bentuknya saja yang berbeda. Kymco memiliki design yang tidak umum, agak nyeleneh. Jika dibandingkan dengan Yamaha FreeGo, design FreeGo bakal lebih mudah diterima pasar. Sedangkan design Kymco Racing King 150i mungkin tidak semua orang suka, seperti yang AD bilang “agak nyeleneh”.

Dengan model 2 buah headlamp dibagian tameng, yang mana masih menggunakan model bulb atau bohlam. Tetapi dapat menerangi jalan dimalam hari dengan maksimal. Lalu terdapat lampu senja dan juga lampu DRL dibagian kanan dan kiri pada batok stang motor. Kymco Racing King 150i menggunakan model speedo meter model analog atau jarum yang dipadukan dengan model digital. Dimana rpm nya masih menggunakan model manual jarum, sedangkan untuk mengukur kecepatan sudah mengaplikasi model digital.

Kymco Racing King 150i sudah menggunakan shuttered key bermaghnet, di bagian anak kunci juga berfungsi sebagai tempat untuk membuka tangki bbm dan juga jok motor untuk membuka bagasi. Tangki bbm dari Kymco Racing King ini berada di dek bagian depan sebelah kiri. Sama seperti yang ada pada Yamaha FreeGo. Jadi tinggal putar ke arah kanan pada knop shutter key, maka tangki bbm akan terbuka dengan sendirinya. Berbeda pada FreeGo dimana harus menekan tombol dengan tulisan fuel dulu baru terbuka.

Yang menarik adalah Kymco masih memberikan kompartemen atau keranjang di bagian dek depan, dimana kita dapat menyimpang barang barang kecil untuk meletakan sarung tangan misalnya. Bahkan cukup untuk meletakan sebuah botol minum yang berukuran agak kecil. Bagian dek tempat pijakan kaki pada Kymco Racing King 150i terbilang cukup luas. Bahkan saat diuji coba untuk meletakan 2 buah galon, kedua galon berdiri dengan cukup sempurna di dalam dek si Kymco Racing King ini.

Menengok bagian bagasi yang berada dibawah jok, Kymco Racing King 150i ini memiliki bagasi yang cukup luas. Luasnya sekitar 25-30 liter, dapat menampung satu buah helm half face dan dapat membawa beberapa barang tambahan. Sudah menggunakan penerangan di bagian buritan dengan mengaplikasi model LED. Kymco Racing King ini menggunakan dua buah suspensi belakang di kanan kirinya. Menggunakan velg yang berukuran 12 inch, meskipun memiliki ukuran yang sama dengan Yamaha FreeGo, Kymco Racing King 150i sudah menggunakan tapak yang lebih lebar. Ukuran ban dari Kymco Racing King 150i adalah 110/70-12 di bagian depan dan berukuran 130/70-12 untuk bagian belakang.

Untuk pengereman Kymco Racing King 150i sudah dilengkapi pengereman menggunakan piringan atau cakram dibagian depan maupun dibagian belakang. Nah kaliper rem Kymco Racing King 150i ini mengingatkan AD pada model kaliper milik Brembo, model kalipernya wapiik tenan.

Kymco Racing King 150i ini, dibekali dengan mesin 150 cc SOHC berpendingin udara, sudah dilengkapi dengan sistem suplai bahan bakar dengan technologi injeksi. Namun sayangnya Kymco belum membekali Racing King 150i dengan fiture side stand switch alias standard samping turun mesin motor otomatis mati. Model spion dari Kymco Racing King ini keren punya. Modelnya baplang cucok nehh untuk jadi opsi spion modif hehehehe.

Kymco Racing King 150i ini sudah diperkenalkan sejak event  IIMS 2017 di Jiexpo Kemayoran. Kymco Racing King 150i ini memiliki bandrol harga yang lumayan bikin mengernyitkan dahi bro and sis. Karena Kymco membandrol si Racing King ini dengan harga sekitar 32 jutaan. Hmmm seharga Nmax dan PCX ABS yah hehehehe, tetapi ngak maslah tuh buat Kymconya sendiri berani mematok harga segitu buat si Racing King ini. Kymco memang dikenal memiliki penggemar tersendiri. AD aja pernah make Kymco Jetmatik dulu, sekitar awal tahun 2000an, saat itu motor matik belum beken, baru ada Kymco sama Vespa Corsa. Belum ada pabrikan Jepang yang bermain dikelas matik.

Spesifikasi Kymco Racing King 150i

Mesin
Tipe Mesin 4 Stroke, 4 Valve, SOHC, FI
Kapasitas (cc) 149 cc
Silinder Silinder tunggal
Sistem Pendingin Udara
Perbandingan Kompresi 11 : 1
Maks. Tenaga Mesin 10,3 / 8500 (kW/rpm)
Maks. Torsi Mesin 11,7 / 6500 (nM/rpm)
Diameter x Langkah  φ59×54.5
Kapasitas Oli Mesin 0.9 liter
Kapasitas Oli Transmisi / Tipe 0.21 liter / #90
Sistem Start Elektrik
Transmisi CVT Otomatis
Dimensi
Panjang 1920 mm
Lebar 710 mm
Tinggi 1135 mm
Jarak Sumbu Roda 1284 mm
Berat 115 kg
Jarak Terendah 110 mm
Tinggi Jok 780 mm
Kapasitas Tangki Bahan Bakar 7.3 liter
Kaki-kaki
Suspensi Depan Telescopic Fork
Suspensi Belakang Double Swing
Ban Depan Tubeless 110/70-12
Ban Belakang Tubeless 130/70-12
Rem Depan Single Cakram @240mm
Rem belakang Single Cakram @200mm

 

 

 

 

 

 

 

 

Author: ANDIKADIEGO

1 thought on “MELIHAT KYMCO RACING KING 150i

Tinggalkan Balasan