INIKAH ADVENTURE BIKE SUZUKI ITU ???

andikadiego.net – Jakarta (17/03/2019). Holla Mas Bro dan Mbak Sis semua, jagat dunia maya sedang heboh dengan kabar kemunculan sesosok motor bergenre adventure. Motor ini awalnya diperkirakan adalah datang dari pabrikan graputala alias Yamaha. Namun belakangan digadang gadang adalah milik pabrikan berlogo S alias Suzuki. Apakah benar motor yang memiliki model bergenre adventure ini adalah milik pabrikan berlogo S ini ?.

Suzuki memang mewacanakan kehadiran motor adventure akan lahir di tahun ini, nah seperti apa model serta spesifikasinya belum diketahui. Motor adventure ini digadang gadang akan menggendong nama DR150, awalnya memang diperkirakan modelnya ngak jauh jauh dari DR200. DR 200 sendiri saat ini banyak dipergunakan untuk operasional kepolisian atau brimob.

Nah seperti apakah bentuknya ?, jika Mas Bro dan Mbak Sis mantengin dunia maya terlebih kabar kabar tentang otomotif roda dua di negara kita tercinta ini. Sudah berseliweran spyshoot tentang kehadiran motor yang digadang gadang adalah si DR150 ini. Model semi trail lebih mengarah ke model adventure bike. Yang pasti peruntukannya bakal berbeda sekali dengan Kawasaki KLX atau Honda CRF. Dimana keduanya (KLX dan CRF) memang motor murni untuk menerabas atau motor cross.

Nah belakangan motor yang diduga sebagai DR150 ini terlihat wujud aslinya, dimana wujud aslinya ternyata adalah buatan Haojue pabrikan asal Tiongkok. Haojoe ini merupakan partner setia Suzuki dalam memasarkan dan memproduksi beberapa produk produk Suzuki. Sebut saja Suzuki Inazuma atau GW250, lalu ada Suzuki DL250 atau V-Strom 250 dan Suzuki GSX 250R. Jadi secara kualitas ngak usah diragukan lagi lah, built qualitynya standard Dai Nipon alias Jepang.

Haojoe membekalinya dengan kode NK150, secara perawakan apik juga lho mas bro. Modelnya tidak murni motor cross tetapi lebih mengarah ke adventure bike dual purpose. Jadi bisa dijalan aspal yang mulus dan bisa diajak jalan melewati jalan yang mana permukaan jalannya tidak rata atau bumpy.

Jika diperhatikan secara detail motor ini memiliki suspensi depan yang lumayan panjang ya bro, belum menggunakan upside down. Kemungkinan akan ada part subsitusi USD nantinya jika dirilis disini. Penggunaan ban depan yang cukup besar kemungkinan menggunakan ring 19, lalu ban belakan menggunakan ukuran 17. Untuk roda depan menggunakan sistem pengereman dengan cakram dua piston, sedangkan roda belakang masih menggunakan tromol.

Beralih ke sektor mesin, kubikasinya 150cc ntah pas nya berada dikisaran berapa cc. Masih berpendingin udara sepertinya SOHC, namun sudah menggunakan system suplai bahan bakar dengan system injeski. Dengan rangka mesin downtube ke arah bawah mesin, dimana rangka ini dapat melindungi mesin dari benturan dan yang pasti lebih kokoh dan cucok untuk motor dengan genre adventure dual purpose.

Motor ini memiliki model tangki bbm yang terlihat cukup besar, dan dengan tutup tangki yang bermodel datar  alias bukan tutup tangki yang menjendol. Dengan model shroud yang melancip ke bawah yang berada di samping kanan dan kiri pada bodi motor, yang melekat pada tangki bbm. Menggunakan model 2 layer, terlihat stylish dan modern. Motor ini juga memiliki model jok tandem dengan permukaan lebar, dan terlihat tebal yang mana akan membuat si penggunanya nyaman saat mengendarai motor ini. Dan pada bagian buritan terdapat rear carier atau dudukan untuk dapat membawa box, seperti yang terdapat pada Suzuki Address. Dimana rear carier sudah menjadi standarisasi untuk motor motor bergenre adventure.

Motor ini sudah menggunakan speedo meter model full digital, dengan informasi yang cukup jelas kendati modelnya cukup kecil. Sekilas seperti speedo meter Honda Beat, atau Honda CRF. Dimana terdapat penunjuk bbm, RPM, hingga pengukur kecepatan motor. Motor ini menggunakan model headlamp seperti model headlamp motor naked, mungkin jika diperhatikan sekilas akan terlihat seperti headlamp Honda Verza lawas. Untuk penerangan masih mengandalkan bohlam biasa baik itu lampu depan maupun belakang, ya ngak masalah juga seeh lha tujuannya ya buat penerangan.

Model headlamp menyatu dengan spakboard depan atau menyatu dengan front fender. Yang mana model seperti ini memang sudah menjadi cirikhas untuk motor bergenre adventure. Mungkin kedepan bakal ada part after market model cocor bebek yah seperti yang digunakan oleh Suzuki V-Strom 250. Motor ini juga menggunakan swing arm belakang yang cukup tebal, yup secara akan digunakan untuk dua alam, Mau ngak mau yah harus kokoh. Bentuk leher knalpot motor yang membelok disamping mesin dan menjulang ke belakang. Cukup tinggi posisi knalpotnya, yang pasti sepertinya aman untuk menerabas banjir hehehehe.

Nah mungkinkah ini si calon DR150 itu, secara jika dilihat spyshoot yang beredar saat sedang menjali tes dijalan, memiliki kemiripan dengan model motor Haujue NK150. Secara garis design, mesin keseluruhannya 100% plek dengan motor yang terspyshoot dijalan. Jika memang benar maka apa yang AD perkirakan Suzuki DR 150 bukan buatan lokal ??? alias CBU benar adanya. Kemungkinan Indonesia akan menerima secara utuh, dan jika penjualannya bagus maka opsi perakitan atau produksi disini baru bisa dilakukan.

Lalu berapakah bandrolnya nanti ?. Harapannya bisa dibandrol dibawah harga kompetitor, mungkin 25-28 juta rupiah. Kalo menurut AD kemungkinan bakal digunakan untuk kendaraan operasional instansi pemerintah nehh, terlebih di daerah perkebunan atau pertambangan, cocok nehh motor. Nah jika benar Haujue adalah sosok dari Suzuki DR150, mungkinkah sosok matik 150 Haujoe Inikah platform Suzuki Burgman 180 itu ? akan menjadi opsi dari matik pesaing Nmax dan PCX untuk dijual disini ?, hehehehe teka teki teko. Last cucok nya apa namanya untuk si NK150 adventure bike itu, DR150 atau V-Strom 150 jika benar itu adalah motor adventure pabrikan Suzuki hehehehe.

Author: ANDIKADIEGO

1 thought on “INIKAH ADVENTURE BIKE SUZUKI ITU ???

Tinggalkan Balasan