RINS MEMENANGKAN RACE MOTOGP UNTUK YANG PERTAMA KALINYA

andikadiego.net – Jakarta (15/04/2019). Holla Bro and Sis, menunggu racemotogp semalem memang dibutuhkan sebuah perjuangan. Menahan rasa kantuk yang amat sangat, untuk sekedar menyaksikan race motogp. Namun itu semua terbayarkan dengan lunas, karena jagoanku menang si 42ins. Race yang sangat menarik, yang pada awalnya AD perkirakan agak membosankan ketika Marc memimpin race dengan gap agak jauh dari posisi ke 2.

Posisi start saat awal race diisi oleh Marc yang berada di pol position, yup Marc adalah salah satu rider pemegang kemenangan 6 kali berturut turut. Dan jika menang di Austin dirace kali ini, maka ia berhak mendapatkan gelar “magnificent seven”, karena memenagkan race austin 7 kali berturut turut.

Di posisi kedua ada Valentino Rossi, Carl, Miller, Pol Espargaro, Vinalles dan Rins berada diposisi ke 7. Dovi sendiri memulai race dari posisi ke 13 atau dari grid ke 5. Lepas start Marc langsung tancap gas hingga berhasil membuat gap yang lumayan jauh dari Rossi di posisi ke 2. Rossi sendiri harus berjibaku untuk menghalau Carl agar tidak mengovertake dirinya. Posisi selepas start pun mulai berubah, dimana Marc memimpin, disusul Rossi dan Carl, sedangkan posisi ke empat diisi oleh Miller dan disusul Rins. Dovi langsung melesat diposisi ke 6, dibelakang Rins.

Ditengah race berlangsung, ternyata Vinalles dan Mirr harus mengulang start dari pitlane. Dikarenakan terindikasi melakukan jump start saat start race dimulai. Saat pertarungan sengit perebutan posisi ke dua antara Rossi dan Carl, Carl ternyata harus crash dan meninggalkan race. Posisi ke duapun akhirnya dipegang oleh Rossi, disusul Miller dan Rins.

Taklama kemudian Marc yang sudah jauh meninggalkan Rossi dengan gap sekitar 3 detik, harus merelakan posisinya diambil alih oleh Rossi. Marc terjatuh karena melakukan hard braking saat akan menikung, meskipun Marc mencoba untuk melanjutkan race, namun sia sia karena motor yang ditungganginya seakan enggan untuk hidup kembali. Akhirnya posisi race kini dipegang oleh Rossi diposisi pertama, sedangkan Rins mengisi posisi kedua setelah mengovertake Miller.

Lorenzo yang menggunakan motor Honda pun sepertinya mengalami kesulitan dan harus meninggalkan race dikarenakan masalah technis. Rins yang berada di posisi kedua dibelakang Rossi perlahan lahan mulai mendekati. Rider team Suzuki ecstar ini dengan sabar menunggu untuk bisa melalui sang legenda hidup motogp. Hingga akhirnya ketika kurang dari 4 lap, disebuah tikungan Rins berhasil meng overtake Rossi dengan mulus dan bersih. Seperti yang AD sering bilang, Rins ini memiliki karakter seperti sang legenda Valentino Rossi. Memiliki gaya balap yang smooth, menunggu waktu yang tepat untuk dapat melewati lawannya.

Rossi sempat akan mengovertake kembali posisi Alex Rins saat menikung, namun akselerasi Suzuki GSXRR terlihat masih lebih baik ketimbang Yamaha M1 yang dikendarai oleh Rossi. Bahkan disalah satu tikungan Rossi berhasil melewati Rins, namun sayang Rossi melebar dan Rins langsung tancap gas hingga akhirnya berhasil menjuarai race motogp Austin 2019.

Pencapaian ini juga salah pencapaian terbaik Suzuki, setelah terakhir kali menjuarainya di race motogp 2017 bersama Vinales pada race motogp silverstone Inggris. Dan ini juga adalah juara untuk pertama kalinya bagi Alex Rins. Nah jika melihat race motogp di Austin Texas ini, bisa dilihat bagaimana kecepatan motor sepertinya tidak terlalu dominan di sini, maksudnya bukan berarti tidak mengandalkan kecepatan lho, tetapi kestabilan chasis pada motor juga menjadi kunci pada race kali ini.

Bagaimana speed corner Suzuki terlihat mantab, bahkan saat duel dengan Yamaha speed Suzuki terlihat lebih baik dari pada Yamaha. Saat keluar tikungan akselerasi Suzuki memang terlihat lebih dominan ketimbang Yamaha M1 milik Rossi. Congrats buat Alex 42ins, heĀ deserved it, because of his hard work so far.

 

Author: ANDIKADIEGO

1 thought on “RINS MEMENANGKAN RACE MOTOGP UNTUK YANG PERTAMA KALINYA

Tinggalkan Balasan