KTM TIDAK TERTARIK GUNAKAN RANGKA TWIN SPAR

andikadiego.net – Jakarta (15/05/2019). CEO KTM Stefan Pierer mengatakan tim motogpnya tidak akan pernah menyerah pada konsep rangka teralis baja yang unik. Seperti yang diketahui KTM adalah Pabrikan Austria satu-satunya di motogp yang tidak menggunakan chasis twin spar alumunium konvensional, dan pada awal musim ini Bos ktm motosport menyatakan tidak akan meninggalkan kerangka tubularnya.

Ducati juga pernah menggunakan sasis baja teralis ketika bergabung dengan balap grand prix sebelum berubah menjadi motogp pada tahun 2003, dan bahkan menjadi juara pada tahun 2007 dengan casey stoner. Namun, pada tahun 2009 brand asal Italia itu menyerah, Ducati beralih ke desain serat karbon. Dan pada tahun 2012 Ducati  bergabung dengan saingan Jepangnya menggunakan sasis alumunium untuk membantu valentino rossi dalam mengembangkan motor balap Ducati.

Melihat apa yang telah dilakukan Ducati hingga bisa seperti sekarang ini, jika ingin sukses, KTM cepat atau lambat harus meninggalkan sasis yang digunakan selama ini di motogp. Namun bos KTM bersikeras bahwa perusahaannya akan selalu menggunakan sasis yang sudah menjadi cirikhasnya selama ini. Dan dia juga berkeinginan bahwa mesin balap KTM memiliki kemiripan dengan sepeda motor yang di produksi secara masal.

Menurut sang bos KTM Jika kita mengikuti jejak Ducati, berarti kita kalah. KTM terlibat dalam balap karena dua alasan. Pertama adalah kami ingin berinovasi, kemudian, dikarenakan kami ingin menjual sepeda motor di seluruh dunia. Bos KTM membandingkan angka penjualan Ducati dengan KTM dimana Ducati berhasil menjual motornya sebanyak 53.000 unit pada tahun 2018 sedangkan KTM sebanyak 261.000 unit. Menurut bos KTM, dunia balap tidak hanya sekedar dihiasi oleh emosi, tetapi juga angka angka, “win on sunday and sell on monday”.

Oleh karena itu Pierer selaku Bos dari KTM mengatakan, bahwasannya KTM tidak akan meninggalkan sasis tubular yang sudah menjadi ciri khas dari motor KTM. Karena chasis tubular yang selama ini mereka gunakan dapat memberikan flexsibilitas dan dapat mengurangi bobot yang dibawa oleh sepeda motor KTM. Dan itulah  mengapa kami dapat mendominasi pasar sepeda motor dunia.

 


Author: ANDIKADIEGO

Tinggalkan Balasan