SUZUKI PAJANG BURGMAN STREET 125 DI ARENA PRJ

andikadiego.net – Jakarta. PT. Suzuki Indomobil Sales ( PT. SIS ) akhirnya memboyong Suzuki Burgman Street 125 ke Indonesia, lebih tepatnya ke arena Pekan Raya Jakarta ( PRJ ). Motor yang aslinya dibuat oleh Suzuki Motorcycle India ini dibawa secara utuh untuk diperlihatkan ke publik tanah air.

Jujur saja, AD sudah lama ingin melihat design skutik satu ini secara langsung. Dan ternyata modelnya memang cukup ciamik, berbeda sekali dengan ekspektasi AD selama ini ketika hanya melihat dari gambar atau video secara online. Modelnya cukup gambot dan juga bongsor, mirip mirip dengan Yamaha Lexi 125.

Skutik ini dibekali mesin 124 cc, SOHC berpendingin udara atau air cooled. Spesifikasi mesinnya serupa dengan yang digunakan oleh Suzuki Access 125, dan masih menggunakan suplai bahan bakar menggunakan karburator. Dan memiliki output power sebesar 8,6 bhp pada 7000rpm.

Suzuki membekali Burgman Street dengan fiture seperti penggunaan lampu depan LED, skutik ini menjadi salah satu dari keluarga Burgman yang menggunakan single headlamp. Seperti yang sudah diketahui bahwa keluarga Burgman menggunakan headlamp bermodel dual atau dua lampu utama. Di atas lampu utama terdapat lampu DRL yang otomatis menyala saat kontak motor dalam posisi on. Begitu juga dengan lampu buritan atau lampu belakang, yang sudah dilengkapi dengan lampu rem LED. Namun untuk lampu sein baik itu depan atau belakang, masih menggunakan model lampu bohlam atau bulb.

Skutik ini juga dilengkapi fiture kunci utama yang menggunakan Shuttered Key, pada kunci utama kita juga dapat membuka bagasi yang terletak di bagian bawah jok motor. Terdapat dua laci penyimpanan pada bagian dek depan, untuk menyimpan tempat minum dan menyimpan sarung tangan. Pada bagian laci sebelah kiri terdapat lubang untuk slot USB charger, dapat digunakan untuk me-recharge gadjet saat berkendara.

Skutik ini juga memiliki bagian dek bawah yang cukup rata, dan membuat kaki dapat leluasa bergerak, dan adanya tempat pijakan kaki pada dek depan agar kita merasa relax saat berkendara. Yang unik adalah tutup tanki bensin pada skutik ini, yang mana modelnya seperti tutup pada jerigen air.

Namun yang disayangkan adalah jika kita melihat pada bagian kaki-kaki pada Burgman Street 125 ini. Kaki-kakinya terlihat kekecilan atau tidak sebanding dengan body motor yang terlihat gambot. Untuk ban depannya skutik ini menggunakan ukuran 90/90-12 sedangkan untuk ban belakangnya menggunakan ukuran 90/100-10. Untuk pengereman skutik asal India ini sudah dibekali dengan sistem Combined Braking, cara kerjanya mirip seperti CBS milik honda.

Pertanyaanya adalah apakah Burgman Street akan dijual di Indonesia ?.

Author: ANDIKADIEGO

Tinggalkan Balasan