BEBERAPA FAKTA MENARIK JIKA SUZUKI AKAN MENJUAL BURGMAN STREET DI INDONESIA

andikadiego.net – Jakarta. PT. Suzuki Indomobil Sales ( PT. SIS ) akhirnya memperlihatkan wujud Suzuki Burgman Street 125. Skutik satu ini memang sedang populer di India sana, karena memang skutik satu ini adalah buatan Suzuki Motorcycle India.

Nah unit Burgman Street sendiri dapat kalian lihat di arena Pekan Raya Jakarta ( PRJ ), sudah terpajang di boothnya Suzuki Indomobil Sales. Melihat secara langsung bentuk asli skutik ini, AD cukup terkesima. Karena sesungguhnya model yang dimilikinya memang cukup apik, tidak kalah dengan milik kompetitor. Bahkan jika memang PT. SIS akan menjualnya di Indonesia, menurut AD akan menjadi sebuah kabar baik bagi para loyalis Suzuki sendiri.

Tapi……nah, ada tapinya neh. Ada beberapa hal yang patut difikirkan oleh PT. SIS jika akan memboyongnya ke Indonesia, jadi tidak secara utuh begitu saja dijual di Indonesia. Hal-hal apa sajakah yang menjadi perhatian jika skutik buatan India ini akan dijual di Indonesia ?….Berikut beberapa masukan dari para loyalis Suzuki dan juga kawan kawan media ataupun blogger.

Pertama, motor-motor Suzuki di Indonesia telah bersetandard Euro 3 atau dengan kata lain telah mengadopsi tekhnologi Injeksi. Sedangkan Burgman Street sendiri masih menggunakan karburator untuk suplai bahan bakarnya, oleh karena itu, sudah selayaknya skutik satu ini menggunakan sistem Injeksi guna mengikuti setandarisasi yang baku di Indonesia.

Kedua, kebanyakan para loyalis dan juga kawan-kawan media maupun blogger, menginginkan agar kaki-kaki bawaan skutik ini dirubah. Memang, jika kita melihat Suzuki Burgman Street secara langsung maka akan terlihat bahwasannya antara kaki-kaki skutik ini dengan body bongsornya terlihat tidak proposonal. Kaki-kakinya terlihat kekecilan, seperti ada yang tidak pas ketika dilihat secara langsung.

Otomatis, harus mengubah kaki-kakinya kebentuk yang lebih proposonal. Mungkin menggunakan velg berukuran sedikit lebih besar misalkan, ukuran velg asli Burgman Street adalah 12 inci untuk bagian depan. Maka mungkin dapat dirubah menjadi ukuran 13 inci, sedangkan ukuran velg belakang terbilang imut. Ukurannya hanya 10 inci, mungkin bisa dirubah ke ukuran yang lebih besar, seperti 12 inci. Untuk merubah kaki-kaki pada roda belakang, harus juga merubah dudukan pada cvt agar lebih panjang ke belakang. Maka akan lebih terlihat proposonal, ketimbang aslinya yang memang terlihat agak pendek.

Untuk merubah itu semua otomatis membutuhkan biaya yang tidak sedikit, akan ada biaya riset yang dibebankan. Dan otomatis harga skutik asal India ini akan melambung tinggi, mungkin malah tidak akan dapat bersaing dengan skutik 125 cc yang ada di sini.

Jika kalian bertanya, bisakah Suzuki menjual Burgman Street 125 di Indonesia ?. Jawabannya bisa saja, namun apakah Suzuki akan menjualnya secara utuh seperti itu ?, atau dengan bentuk sesuai dengan keinginan kawan kawan disini?, tetapi dengan resiko harga yang pasti melambung tinggi. Semua tergantung dari PT. SIS dan juga Principal Suzuki di Jepang sana. Semoga ada kabar baik yah dari Suzuki Indonesia.

 

Author: ANDIKADIEGO

Tinggalkan Balasan