4 Hari Menggunakan PCX 160, Berasa Kurang

Inilah unit Honda PCX 160 yang saya pinjam dari PT Wahana Makmur Sejati (WMS).

andikadiego.net – Jakarta. 4 hari menggunakan Honda PCX 160, rasanya tidak puas, belum dapat mengeksplore lebih jauh. 

Akhirnya kesampaian juga mencoba skutik Honda PCX 160 yang saat ini tengah menjadi salah satu skutik idola bikers di Indonesia. Terimakasih kepada PT Wahana Makmur Sejati (WMS) selaku main diler motor Honda di kawasan Jakarta serta Tangerang, yang telah mengizinkan saya untuk mencoba skutik berkubikasi mesin 156,9 cc tersebut.

Terbiasa menggunakan skutik kecil Suzuki Address, tiba-tiba menggunakan Honda PCX 160 terasa sekali perbedaanya. Tidak dapat dipungkiri kenyamanan yang ditawarkan oleh PCX sangat terasa ketika duduk di atasnya. Posisi berkendaranya cukup nyaman serta rilleks, itulah mengapa skutik ini masuk dalam jajaran skutik premium Honda.

Baca juga : All New Honda PCX 160 Meluncur, Harganya Bikin Takjub Bror

Beragam fitur menarik benar-benar memanjakan saya, mulai dari smart key system, digital speedometer yang memanjakan mata saya. Pengereman ABS, Idling Stop System hingga HSTC (Honda Selectable Torque Control). Tidak hanya itu, secara fisik skutik ini juga menawarkan ruang penyimpanan atau bagasi yang cukup luas di bawah joknya, dan ini adalah yang saya butuhkan.

Beragam informasi mulai dari kecepatan, kapasitas bahan bakar, berapa km jarak yang ditempuh untuk menghabiskan 1 liter bensin sampai waktu tempuh perjalanan dapat saya lihat jelas dari panel digital speedometer.

Beragam informasi terlihat jelas pada panel speedometer, serta nyaman di mata.

Suspensi skutik yang namanya telah eksis sejak tahun 2009-2010 ini terbilang juara gaes. Nyaman sekali ketika melewati jalan dengan permukaan yang tidak rata, seperti speed trap, atau jalan dengan permukaan aspal yang telah rusak. Karakternya tidak terlalu empuk namun juga tidak terlampu keras sata meredam guncangan, saya pun tidak khawatir saat bertemu jalan yang kurang bersahabat.

Bahkan istri serta anak saya sangat menyukai skutik satu ini. Keduanya kompak mengatakan bahwa Honda PCX 160 sangat nyaman, dan pas untuk ukuran skutik keluarga. Yup, itulah Indonesia, apapun motornya yang penting pas untuk keluarga.

4 hari terasa kurang untuk mengeksplore kelebihan skutik berkubikasi 160 cc ini.

Konsumsi bahan bakarnya pun termasuk irit menurut saya. Saat saya pertama kali menaiki unit ini, average per kilo meternya menunjukan angka 40,1 km per liter. Namun saat saya gunakan selama 4 hari, ternyata bisa tembus hingga 43 km per liter. Bodi besar bukan berarti boros gaes.

4 hari berlalu hingga akhirnya saya harus mengembalikan skutik yang dikenal secara global ini gaes. Berat rasanya harus berpisah dari Honda PCX 160, apalagi ada keinginan dalam hati untuk dapat membawa skutik manis tersebut melewati jalur bogor hingga puncak. Sekedar menikmati hijaunya pepohonan serta kesejukan yang ditawarkan saat berkendara dengan PCX 160.

Baca juga : All New Honda PCX 160 Sudah Mendarat di Thailand, Bakal Jadi The Next Big Thing di Indonesia nih

 

Text and Edit : Andika          Pict by Andikadiego

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here