Advanced Safety Features in Trucks and Buses, Fiture Keselamatan Pada Truk dan Bus Mercedes-Benz

2
213
views
Advanced Safety Features in Trucks and Buses, pengenalan fiture-fiture keselamatan pada kendaraan besar Mercedez-Bens.

andikadiego.net – Jakarta. Pada gelaran GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2020 yang berlangsung di JCC Senayan, Jakarta, pada Sabtu (7/3). PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI), selaku agen pemegang merek dari Truck dan Bis Mercedes-Benz di Indonesia melakukan pengenalan terhadap fiture-fiture keselamatan yang terdapat pada produk Truck dan Bis terbaru mereka.

Hadir pada acara tersebut juga sekaligus memberikan pemaparan mengenai fiture keselamatan Truck dan Bis Mercedes-Benz adalah Moh. Syarifan, Truck Aftersales & Regional Support Daimler Commercial Vehicles Indonesia.

Hino Hadirkan Aplikasi Hino Connect, Bisnis Jadi Semakin Mudah

Fiture-fiture tersebut merupakan perangkat keselamatan yang saat ini memang sangat diperlukan, terlebih bagi kendaran besar seperti Truck dan juga Bis.

Beberapa faktor yang mengakibatkan terjadinya kecelakaan adalah kebiasaan melakukan pengereman yang mendadak atau tidak memperhatikan jarak, dan perpindahan jalur yang tiba-tiba.

“Salah satu factor yang menyebabkan terjadinya kecelakaan adalah karena factor kelelahan dan kondisi kendaraan secara menyeluruh seperti kondisi beban kendaraan dan ukuran dimensi atau panjang kendaraan yang terkadang dapat mengakibatkan kesalahan fatal sehingga terjadi kecelakaan,” ungkap Syarifan.

Fiture keselamatan yang tentunya sangat berguna bagi pengemudi kendaraan besar.

Itulah mengapa akhirnya tim riset dari Mercedes-Benz melakukan langkah besar dengan membuat fiture-fiture keselamatan pada kendaraan besar milik mereka. perlengkapan keselamatan tersebut adalah :

Proximity Control Assist (PCA).

PCA berfungsi sebagai pengingat jarak antar kendaraan yang dikemudikan dengan yang ada di depannya, PCA akan melakukan pengereman secara otomatis manakala driver lupa menginjak pedal rem pada kendaraan.

 Attention Assist.

Fungsinya adalah memantau tingkat perhatian pengemudi berdasarkan pada perilaku pengemudi, sistem bekerja berdasarkan pada Lane Keeping Assist denan menambahkan sensor sudut kemiringan roda kemudi.

Lane Keeping Assist.

Membantu pengemudi mengurangi resiko terjadinya kecelakaan yang tidak diinginkan, ketika Truck atau Bis melewati garis putih yang terdapat di jalan raya, maka akan muncul peringatan secara langsung.

Active Brake Assist 4 (ABA).

Menghindari sebanyak mungkin situasi kritis saat kendaraan di dipannya berhenti, sistem akan mengambil alih pengereman secara otomatis.

Tujuan diadakannya pengenalan mengenai fiture-fiture keselamatan ini adalah agar konsumen dapat lebih mengetahui perangkat keselamatan yang ada pada produk kendaraan besar Mercedez-Benz dewasa ini.

Daimler Group Indonesia Lakukan Strukturisasi Organisasi

 

Reporter : Andika          Editor : Andika         Pict by andikadiego

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here