ANTARA BURGMAN, XMAX DAN FORZA 250

1
174
views

andikadiego.net – Jakarta (13/01/2019). Saat ini matik besar, atau kita kenal dengan istilah maxiscooter perlahan namun pasti gaungnya makin terdengar. Jika dulu AD hanya melihat skutik jenis ini, seperti Piaggio lewat Xevo atau Xnine, lalu Yamaha dengan Majesty atau nama nama seperti Kymcho dan SYM. Namun belakangan nama nama besar Jepang mulai unjuk gigi. Pabrikan Jepang seperti Honda, Yamaha juga Suzuki akhirnya mulai bermain dikelas ini, karena di akui atau tidak, matik jenis ini memiliki peminat yang cukup banyak.

Nah AD hanya ingin sekedar berbagi saja, apa impresinya menggunakan maxiscooter. Kebetulan AD telah mencoba ketiganya, Suzuki Burgman, Yamaha Xmax dan Honda Forza 250.

andikadiego_net-Yamaha-Xmax_250

YAMAHA XMAX 250

Saat pertama kali AD nyicipin Yamaha Xmax 250, pertama tama melihat skutik ini, yang pasti cukup gede juga. Lebar dan juga cukup panjang. Pertama naik dan duduk diatas jok si Xmax ini, joknya terbilang cukup tinggi juga, jika dibandingkan dengan Suzuki Burgman, tetapi jika dibandingkan dengan Honda Forza 250, seat high nya kalo AD rasa sih 11 – 12.

Fiturenya cukup lengkap, ini juga 11 – 12 lah dengan Honda Forza 250. Memiliki 2 kompartemen penyimpanan dibagian dek depan, sama seperti Suzuki Burgman, sedangkan Forza hanya memiliki satu kompartemen saja. Berbicara tempat penyimpanan, tak lengkap tanpa berbicara tentang kapasitas bagasi, baik itu Yamaha Xmax, Suzuki Burgman maupun Honda Forza ketiganya memiliki bagasi yang cukup luas, dan keduanya dapat menyimpan 2 buah helm dibagian bawah jok.

Berbicara mesin, baik Yamaha Xmax dan Honda Forza memiliki kapasitas mesin 250cc, sedangkan Suzuki Burgman hanya memiliki kapasitas mesin sebesar 200cc. Hanya berbeda 50cc saja, bukan suatu masalah tentunya.

Berbicara soal design Yamaha Xmax memiliki design yang futuristik, serba melancip di beberapa sudutnya, tampilan depannya nampak seperti wajah robot. Tampilan yang menggambarkan aggresifitas. Dengan penerangan LED dibagian depan maupun juga belakang.

andikadiego_net-Honda-Forza-250_03

HONDA FORZA 250

Mengendarai sebuah skutik seharga hampir 80 juta rupiah, wahhh pengalaman tak terlupakan hahahaha. Emezing dah ahhh…..tapi jika berbicara bagaimana rasanya ?, jujur seat highnya buat AD 11 – 12 sama Xmax, tetapi jika berbicara lembut atau empuk, masih lebih empuk Yamaha Xmax bahkan Burgman.

Berbicara fiture wehhh, ajib banget nehh skutik. Meskipun secara fiture tidak jauh berbeda dari Yamaha Xmax, tetapi Forza memiliki keunggulan di bagian windshield, dimana windshiel Forza bisa disetel ketinggiannya melalui panel yang ada pada stang kemudi. Sedangkan Xmax masih menggunakan model manual. Forza sudah dilengkapi dengan penerangan LED baik didepan maupun belakang, sama seperti Yamaha Xmax. Forza hanya memiliki satu kompartemen penyimpanan dibagian dek depan.

Forza memiliki bagasi luas yang dapat menampung 2 buah helm. Suspensi belakang yang dapat disetel tinggi rendahnya. Harga yang hampir mendekati angka 80 juta rupiah, rasanya pantas dengan seabrek fiture yang dimiliki oleh Honda Forza 250.

andikadiego_net-Burgman-200_1

SUZUKI BURGMAN 200

Suzuki Burgman 200, motor idaman AD nehh yang belum bisa terbeli hahahaha. Duduk diatas Burgman 200 berasa cukup nyaman, posisi badan saat mengemudi terbilang rileks, seat high nya agak berbeda dari Yamaha Xmax maupun Honda Forza 250. Posisi duduk Suzuki Burgman terbilang rendah ketimbang Honda Forza dan Yamaha Xmax.

Fiture Suzuki Burgman tidak selengkap Yamaha Xmax maupun Honda Forza, tetapi jika berbicara ruang penyimpanan atau kompartemen depan, mungkin Burgman lebih baik, memiliki 2 kompartemen depan seperti halnya Yamaha Xmax. Bagasi yang cukup luas dibawah jok, dapat membawa 2 helm. Masih menggunakan penerangan bohlam biasa dibagian lampu depan dan belakang. Tidak seperti Yamaha Xmax maupun Honda Forza yang telah menggunakan LED.

Windshield Burgman memiliki ukuran paling tinggi, namun tidak dapat disetel tinggi rendahnya. Dibekali mesin 200cc, sedangkan Yamaha Xmax dan Honda Forza sudah dibekali mesin 250cc. Burgman memiliki kapasitas mesin paling kecil diantara ketiganya.

Berbicara kenyamanan, ketiganya memiliki kenyamanan tersendiri, intinya, berasa lagi duduk di sofa hehehehe, mantab, memiliki posisi mengemudi yang nyaman dan rileks. Yang pasti memiliki fungsionalitas yang menjadi faktor utama dari ketiganya. Untuk harga Yamaha Xmax dijual dikisaran harga 55 – 60 juta rupiah, sedangkan Forza dijual dikisaran harga 75 – 80 juta rupiah. Sedangkan Burgman sudah tidak ada unit barunya, dulu saat dijual dikisaran harga 50 – 60 juta rupiah, saat ini kebayakan adalah unit second, yang dijual dikisaran harga 30 – 40 juta rupiah.

So tinggal sesuaikan budget aja deh mau yang mana, toh ketiganya adalah sofa berjalan hehehehehe.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here