CEV01, Inikah Motor Listrik Universitas Budi Luhur itu?

1
119
views
Universitas Budi Luhur kembali memperkenalkan karya motor listrik yang diberi nama UBL CEV01 (Cargo Electric Vehicle Generasi 1).

andikadiego.net – Jakarta. Universitas Budi Luhur kembali memperkenalkan karya motor listrik yang diberi nama UBL CEV01 (Cargo Electric Vehicle Generasi 1).

Ini merupakan sebuah tantangan bagi Mahasiswa dan Mahasiswi Pusat Studi Kendaraan Listrik Universitas Budi Luhur yang diberikan oleh Indonesia International Motor Show (IIMS) untuk memodifikasi sepeda motor Selis E-Max, dalam program Indonesia Custom E-Moto Expo & Championship).

Baca juga : Toyota Sienta Community Indonesia, Adakan Kegiatan Sosial di Tengah Pandemi Covid-19

Bersama Dosendan Mahasiswa Tekhnik Elektro yang dipimpin oleh Kepala Studi Kendaraan Listrik Universitas Budi Luhur IrSujono MT, melakukan modifikasi keseluruhan tampilan dan system kelistrikan motor dasar Selis E-Max hingga menjadi CEV01.

“Seluruh tampilan dan system kelistrikan Selis E-Max diubah menjadi motor listrik UBL CEV01 dengan konsep modifikasi Zoomer. Tampilan motor sudah tidak seperti aslinya mulai dari rangka, dan body. Sedangkan jarak tempuh motor ditambah kapasitas baterai yang awalnya hanya 40 km full charge, sekarang mampu menempuh maksimum150 km dengan baterai Lithium,” ungkap IR Sujono MT, Kepala Study Kendaraan Listrik Universitas Budi Luhur.

Konsep motor ini adalah untuk mengakomodasi kendaraan khususnya sepeda motor ramah lingkungan yang mampu bergerak cepat di perkotaan, serta dapat membawa beberapa barang.

Dalam pembuatannya dibutuhkan waktu setidaknya selama dua bulan dengan memodifikasi hampir keseluruhan motor. Nah untuk spesifikasi UBL CEV01 antara lain, model mengikuti gaya Zoomer, motor 1200watt, battery 60 Volt 80 Ah, daya angkut 150kg, kecepatan maksimum dapat mencapai 50 kpj, jaraktempuh 150 km.

Pengerjaan UBL CEV01 berlangsung singkat kurang lebih dua bulan dengan memodifikasi 90% motor dasarnya.

Motor listri ini dikembangkan sesuai dengan nama projeknya UBL CEV01 (Cargo Electric Vehicle Generasi 1), dengan baterai kapasitas besar sesuai kebutuhan pasar Indonesia. Serta CEV01 memungkinkan untuk dipasarkan dan ikut membantu Pemerintah upaya mencari energi alternative untuk kendaraan.

Gimana bror, ada yang tertarik dengan motor listrik ini? mungkin bisa langsung menghubungi Universitas Budi Luhur ya.

Baca juga : Suzuki GSX-R750, Motor Sport Berpendingin Oli Pertama di Dunia

 

Reporter : Toha K.U.S.U.T            Editor : andika           Pict by Toha K.U.S.U.T

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here