Ganti Kabel Rem Suzuki Address, Susah-Susah Gampang

898
views
Ganti sendiri kabel rem belakang Suzuki Address, ternyata ngeri-ngeri sedap.
oli wolf

andikadiego.net – Jakarta. Ganti kabel rem Suzuki Address, susah-susah gampang. Saat ini Pemprov DKI Jakarta tengah memberlakukan yang namanya PPKM darurat alias Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat, akibat dari tingginya angka penularan Covid-19 di DKI Jakarta dan sekitarnya.

Baca juga : Akhirnya Suzuki Address Ganti Ban Depan dan Belakang

Nah, berhubung adanya pemberlakukan PPKM darurat, dan saya WFH (Work From Home) jadinya iseng utak-atik motor kesayangan, si Address silver. Salah satu part yang yang saya perhatikan adalah pengereman. Ketika saya tekan tuas rem belakang si Address, tuas seperti macet agak enggan kembali keposisi awalnya. Semprot menggunakan pelumas akhirnya normal, tetapi tidak lama penyakit tersebut kembali lagi. Fix sepertinya memang kabel rem belakang sudah getas, sudah waktunya ganti.

Akhirnya pesan melalui online shop, 2 hari kemudian barangnya sampai. Tapi saya lupa nama tokonya, kabel rem saya pastikan menggunakan SGP (Suzuki Genuine Part). Harga di online shop berfariatif ya bror, mulai Rp 70 ribuan hingga Rp 90 ribuan.

Tahap pertama melepas kabel rem yang terdapat pada samping kiri bawah roda belakang.

Inilah kali pertama saya mengganti sendiri kabel rem belakang Suzuki Address. Hal pertama yang saya lakukan melepas kabel belakang yang berada di samping kiri bawah roda belakang. Lalu melepas tameng serta batok kepala Address. Lepas batok kepala address otomatis kudu melepas kedua spion motor ini.

Setelah terlepas semua barulah melepas kabel rem dari rumahnya alias handle rem belakang. Awalnya keliahatan gampang, ternyata ngeri-ngeri sedap bror, sulit juga untuk saya. Kudu lepas dudukan handle remnya dulu, barulah kabel dapat terbebas. Masalahnya gak cuma disitu, ternyata narik kabel rem tidak semudah itu fulgoso. Ada besi yang menahan kabel pada rangka leher Suzuki Address, yang membuat kabel tersangkut. Mau gak-mau buka body kasar bagian bawah Address, barulah terlihat bagian tersebut dan dapat dilepaskan.

Memasang kabel rem baru lebih mudah ketimbang melepaskan kabel lawas Address. Setelah terpasang, rem dapat kembali bekerja dengan normal. Tidak lagi ada hambatan, gak was-was lagi deh kalo ngerem.

Kabel baru akhirnya terpasang, ternyata cukup mudah dikerjakan sendiri.

 

Baca juga : Inilah Part Yang Diganti Saat Recall Suzuki Address Beberapa Waktu Lalu

Text : andika         Pict by andikadiego

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here