Gosip Kehadiran Suzuki GSX250R di Indonesia, Apa Keunggulannya Dibandingkan Para Rivalnya?

267
views
Suzuki Indonesia digosipkan akan memboyong Suzuki GSX250R ke Indonesia, apa keunggulannya dibandingkan dengan para rival sekelasnya?

andikadiego.net – Jakarta. Gosip kehadiran Suzuki GSX250R di Indonesia, apa keunggulannya dibandingkan para rivalnya? PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) dikabarkan akan memboyong Suzuki GSX250R ke Indonesia, apa yang membuat GSX250R begitu spesial hingga PT SIS berniat meluncurkannya di Indonesia?

Baca juga : Tak Terlihat di Website, Suzuki Hentikan Penjualan Nex II Cross?

Suzuki GSX250R merupakan produk hasil kolaborasi Suzuki dengan pabrikan asal Tiongkok Haojue. Motor ini telah dirilis sejak tahun 2016 lalu di Tiongkok yang memang menjadi tanah kelahirannya.

Praktis usianya saat ini telah menginjak 4 tahun sejak pertama diluncurkan, namun, mengapa PT SIS baru akan membawanya ke Indonesia?

Melihat spesifikasi yang dimilikinya, GSX250R merupakan motor sport 250 cc paling inferior diantara para kompetitornya. Sebut saja Kawasaki ZX25R, Honda CBR250RR hingga Yamaha R25.

Intip saja spesifikasi Kawasaki Ninja ZX25R dengan kubikasi mesin 249,8 cc, 4-langkah, 4 silinder segaris, DOHC 16 Valve serta dapat memuntahkan tenaga hingga 50 Hp pada 15.500 Rpm dan torsi mencapai 22,9 Nm @14.500 Rpm. Dengan spesifikasi tersebut jelas Kawasaki Ninja ZX250R menjadi yang paling superior diantara motor sport 250 cc yang ada saat ini.

Melihat spesifikasinya Suzuki GSX250R merupakan produk yang inferior dibandingkan dengan rival-rivalnya.

Belum lagi Honda CBR250RR, meskipun berada di bawah ZX25R tetapi secara spesifikasi motor ini berada di atas Suzuki GSX250R. Bahkan Yamaha R25 yang notabene lebih inferior dibandingkan dengan ZX25R dan CBR250RR masih lebih baik ketimbang Suzuki GSX250R, lalu apa keunggulan GSX250R ketimbang para rivalnya sehingga Suzuki ingin membawa GSX250R ke Indonesia?

Bayangkan saja Suzuki GSX250R dengan kapasitas mesin 248 cc, 4-langkah, 2 silinder, SOHC, dapat menghasilkan tenaga 24,6 Hp pada 8.000 Rpm dan torsi sebesar 23,4 Nm di 6.500 Rpm terlihat paling imut diantara para rivalnya. Nah, setelah 4 tahun sejak diluncurkan, apa yang membuat Suzuki akhirnya bergeming untuk menjualnya di Indonesia?

Berbicara fitur, lagi-lagi GSX250R harus mengakui ketiga rivalnya di atas, contoh simple ketiga rivalnya telah menggunakan lampu utama LED, sedangkan GSX250R masih menggunakan lampu hologen.

Tapi berbicara design, GSX250R tak kalah keren dibandingkan rival-rivalnya di kelas 250 cc. Fisiknya cukup berbeda dari tampilan lainnya, gagah dan juga sporty, tinggal mesinnya aja sih yang kudu di up-grade oleh Suzuki.

4 tahun sudah sejak pertama kali diluncurkan di Tiongkok pada tahun 2016, kenapa Suzuki Indonesia baru sekarang akan merilisnya?

Lalu apa keunggulannya sehingga Suzuki berani memboyongnya ke Indonesia? Seperti yang diketahui komentar Netizen Indonesia sangatlah kejam terhadap sebuah produk, khusunya roda dua.

Ada beberapa poin yang bisa menjadi keunggulan dari GSX250R di Indonesia nantinya. Pertama so pasti brand Suzuki itu sendiri, yang mana para penggemar Suzuki yang dikenal loyal terhadap produk Suzuki pasti akan membeli produk motor 250 cc handalan Suzuki saat ini, tapi yang berduit tentunya.

Kedua, motor ini memiliki spesifikasi sebagai motor yang ramah di kelas 250 cc. Bakalan cocok untuk mereka yang beralih dari motor 150 cc yang ingin naik kelas ke 250 cc pemula. Terutama untuk kaum hawa, yang memang tidak terlalu perduli dengan kecepatan.

Ketiga, GSX250R paling cocok untuk mereka yang mencari kenyamanan berkendara serta efiisiensi bahan bakar yang lebih baik karena spesifikasi mesin yang tidak terlalu powerful untuk kelas 250 cc.

Keempat menjadi faktor yang menentukan untuk konsumen motor di kelas ini. Apalagi kalo bukan faktor harga, Suzuki Indonesia harus dapat membuat skema harga yang masuk akal agar konsumen tertarik untuk memboyong GSX250R. Pastinya harus berada di bawah para kompetitornya. Tapi gak mungkin juga Suzuki akan menjualnya di kisaran harga di bawah 40 jutaan, pasti bakal ada di atas 40 jutaan.

Saya rasa mau seperti apapun produknya, tetap saja bakal ada yang beli, ya kan. Laku atau tidak saya rasa PT SIS telah memikirkan semuanya, apalagi saat ini ekonomi sedang lesu dan daya beli masyarakat yang mulai berkurang akibat pandemi Covid-19 yang berkepanjangan.

Mungkinkah ada udang dibalik bakwan hingga akhirnya Suzuki akan memboyong GSX250R ke Indonesia? Apakah ini pertanda bahwa Suzuki akan membawa V-Strom 250 setelah GSX250R? teka-teki-teko, nikmati saja bror, sruput kopi hangat, sekedar opini pribadi sebagai penikmat roda dua Suzuki.

Kenapa Suzuki Indonesia tidak sekalian memboyong V-Strom 250, atau menjual V-Strom 250 ketimbang GSX250R.

Baca juga : Suzuki GSX-R150 2021 Hadir di Indonesia, Keren!

 

Text : andika          Pict by Suzuki Motor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here