Ini Bagian-bagian Motor Yang Perlu Mendapat Perhatian, Bisa Dikerjakan Sendiri

Selain perawatan rutin pada bagian mesin, ada bagian-bagian tertentu dari motor yang harus mendapatkan perawatan secara berkala.

andikadiego.net – Jakarta. Ini bagian-bagian motor yang perlu mendapatkan perhatian, bisa dikerjakan sendiri.

Gaes, pemilik kendaraan khususnya sepeda motor, biasanya selalu melakukan pengecekan atau servis rutin setiap sebulan sekali. Tidak hanya itu, bahkan pergantian pelumas juga dilakukan secara berkala.

Baca juga : Review 3 Produk Rexco, Untuk Apa Aja Sih?

Namun, terkadang pemilik motor malah melupakan perawatan beberapa bagian sepeda motor yang ada. Mulai dari lubang kunci utama, standar samping dan standar tengah, rantai, tombol saklar hingga foot step. Padahal bagian-bagian tersebut tidak kalah pentingnya, dan sangat dibutuhkan pada kendaraan seperti sepeda motor.

Nah, kita dapat mengerjakannya sendiri tuh gaes, tanpa harus membawanya ke bengkel untuk mengerjakannya. Kita dapat menggunakan cairan khusus seperti Rexco Lubricant. Tinggal menyemprotkannya pada bagian-bagian tertentu.

Karena saya menggunakan motor matik jadi tidak menggunakan rantai sebagai penggeraknya, maka bagian-bagian yang saya semprot menggunakan Rexco Lubricant mulai dari lubang kunci utama atau stop kontak. Agar dalamnya tidak mudah berkarat, yang dapat mengakibatkan lubang kunci motor menjadi seret saat akan memasukan anak kunci.

Motor yang sering kita pakai ada beberapa part yang harus mendapatkan pelumasan secara berkala agar part tersebut tidak mudah karat dan nyaman saat digunakan.

Lalu standar samping dan standar tengah, agar standar tetap mudah atau lancar ketika diturunkan. Karena jika dalam waktu lama tidak pernah di olesi atau disemprot dengan pelumas, akan mengakibatkan timbulnya bunyi dan standar terasa berat dan seret ketika digunakan.

Berikutnya adalah foot steep dan kick starter, kedua bagian motor tersebut akan menimbulkan bunyi decit dan agak sulit ketika akan digunakan bila tidak diberi pelumas dalam jangka waktu lama. Karena berkarat, akibat terkena panas dan hujan. Oleh karena itu semprotkan pelumas seperti Rexco Lubricant untuk menjaga part-part tersebut, tetap dalam kondisi terbaiknya.

Baca juga : Atasi Bunyi Brebet Pada Karburator Dengan Rexco

Text and Edit : andikadiego          Pict by Rexco

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here