JANGAN LAGI MUDAH TERLENA SUZUKI

59

Suzuki satria merupakan salah satu tulang punggung penjualan Suzuki. Memiliki design atau model ayam jago, dengan power besar 150cc, dan menjadi idola penggila kecepatan. Tetapi itu semua mungkin sekitar 5 tahun lalu bahkan lebih. Saat itu Suzuki Satria merupakan salah satu motor bebek terkencang, yah saat ini pun masih menyandang predikat itu.

5 – 10 tahun lalu mungkin Suzuki Satria merupakan motor bebek 150 satu satunya, belum adanya pesaing dikelas bebek 150. So pilihan bebek sport 150 otomatis yo hanya ada si Satria ini. Dengan hanya adanya Satria dikelas bebek super 150, sepertinya Suzuki dengan pede terus melangkah membawa si bebek super ini.

Dan bisa ditebak pada akhirnya, karena hanya mengandalkan si bebek super ini, Suzuki pun sepertinya lupa, bahwasannya pabrikan kompetitor tidak tidur, tetapi kompetitor diam diam mempelajari market untuk bebek super ini. Nah kompetitor sudah bermain dikelas sport 150, sedangkan Suzuki masih asik bermain dikelas bebek 150cc.

Ketika market mulai bermain dikelas bebek 150, Suzuki seperti mulai bingung, bagaimana tidak, market bebek 150 mulai menyusut bagi Suzuki Satria, karena mulai tergerus dengan market sport 150 dan belum lagi menyusul bebek super milik kompetitor ikut berkecimpung disana. Ketika kompetitor sudah memiliki sport 150 dan ikut nyemplung dikelas bebek sport 150, Suzuki tidak memiliki sport 150cc karena terlalu terlena dengan pasar bebek sport Suzuki Satria, hingga akhirnya tidak dapat berbuat banyak ketika market bebek super perlahan tergerus oleh invasi kompetitor dikelas bebek super.

img_0242-ok

Pasca meluncurkan Suzuki Satria di awal tahun 2016, dia awal tahun 2017 Suzuki pun akhirnya meluncurkan duo sport bike nya lewat GSX 150 series, GSX R150 dan Suzuki GSX S150. Nah kini penjualan GSX R150 bisa dibilang stabil diangka 2000-3000 unit, dimana buat pabrikan Suzuki saat ini penjualan 2000-3000 unit bisa dibilang cukup tinggi.

Nah sebagai catatan, Suzuki jangan lagi mudah terlena dengan penjualan dari salah satu produknya saja, seperti kasus Suzuki Satria yang lalu, terlalu percaya diri dengan penjualan Satria yang pada akhirnya menjadi bomerang sendiri bagi Suzuki.

Saat ini pasaran roda dua sedang booming matik gambot, kenapa ngak Suzuki mencoba masuk kesana dan ikut nyemplung didalamnya. Paling tidak bisa mendapatkan beberapa persen dari total penjualan matik gambot yang saat ini mulai booming. Istilahnya membuat deferensiasi produklah, agar konsumen mendpatkan pilihan pilihan lain dari produk Suzuki yang itu itu saja.

Bebek sport sudah diwakili oleh Suzuki Satria 150, untuk sport bike sudah diwakili oleh duo GSX 150 series, motor bebek kecil diwakili oleh Suzuki Smash. Nah dikelas matik Suzuki hanya mengandalkan Suzuki Nex dan Suzuki Address, yang notabene memiliki cc yang sama sama 113cc, sedangkan dikelas 125, dimana kompetitor mulai bermain disana Suzuki tidak memiliki wakil, padahal dulu Suzuki satu satunya pabrikan jepang yang bermain disana lewat Suzuki Spin, Suzuki Skywave, Skydrive dan Suzuki Hayate.

Belakangan malah matik 125 Suzuki menghilang, malah kompetitor bermain dikelas itu. Belum lagi matik gambot 150, dimana Suzuki malah belum memiliki wakil dikelas tersebut. Yamaha memiliki Nmax dan Aerox 155, Honda memiliki Vario 150 dan kini PCX 150 lokal, Suzuki ???…..Jangan lagi terlena Suzuki, sudah waktunya bangun dan unjuk gigi kembali, mengeluarkan produk produk unggulan. Matik 150 wajib untuk Suzuki.

andikadiego_Burgman180

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here