Kawasaki Ninja ZX25R, Ninja 250 Dengan Mesin 4 Silinder

andikadiego.net – Jepang. Sosok Kawasaki Ninja 250 dengan spesifikasi mesin 4 silinder segaris akhirnya mulai terungkap, motor yang di beri nama dengan kode Ninja ZX250R terlihat pada gelaran Tokyo Motor Show yang sedang berlangsung saat ini.

Kawasaki sendiri pernah memproduksi motor serupa, atau motor 250cc yang menggunakan spesifikasi mesin 250cc 4 silinder. Untuk di ketahui bray, sekitar tahun 80 – 90an, pabrikan motor asal Jepang berlomba lomba dalam membuat motor 250cc menggunakan mesin 4 silinder segaris. Namun memasuki akhir tahun 2000an, pabrikan mulai memikirkan efisiensi dalam produksinya, juga adanya peraturan di beberapa negara tentang pembatasan tenaga motor untuk kelas 250cc.

Akhinya di mulailah babak motor 250cc 2 silinder, di mana saat itu motor 2 silinder di nilai lebih efisien dan juga lebih murah dalam memaintenance dan juga produksinya.

Namun kini Kawasaki sepertinya mulai gatal untuk kembali membuat motor 250cc dengan mesin 4 silinder segris, jika melihat gerakan dari kawasaki dengan meluncurkan Ninja ZX250R, bisa jadi pabrikan lain pun akan memulai pergerakan yang sama kedepannya.

Menggunakan mesin 249cc dengan 4 silinder segaris, berpendingin cairan, DOHC, 16 valve. Menggunakan rangka model teralis, dengan menggunakan suspensi belakang bertipa Monoshock Horizontal (nyaris tiduran). Suspensi depan yang sudah menggunakan sistem UpSide-Down (USD), penggunaan rem radial monoblock pada roda depan.

Sudah di bekali dengan Traction Control Unit dari Kawasaki atau KTRC (Kawasaki Traction Control), menggunakan sistem transmisi Quick-Shifter (Kawasaki Quick-Shifter), dan juga power mode Kawasaki.

Kawasaki menawarkan ZX250R dengan dua pilihan model, pertama adalah Kawasaki Ninja ZX250R dengan spesifikasi tertinggi, yang di bandrol dengan harga Rp.140 jutaan. Sedangkan untuk model termurah di jual dengan harga Rp.120 jutaan, tanpa menggunakan Traction Control Unit.

Melihat harganya yang menyentuh angka lebih dari 100 jutaan untuk motor 250cc, sepertinya ini akan menjadi motor hobi bray, istilahnya untuk mereka yang berkantung tebal dan juga memiliki hobi momotoran hehehe. Untuk sementara memang baru di perkenalkan di Jepang, kemungkinan baru akan masuk ke Indonesia sekitar tahun 2020 bray, so tunggu aja yak.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here