Ketika Suzuki TS 125 Bertransformasi

andikadiego.net – Jakarta. Suzuki TS 125, merupakan salah satu motor dual purpose, yang di produksi oleh Suzuki pada tahun 1970. Menggendong mesin 123cc, berpendingin udara, dengan tenaga maksimum mencapai 13 hp.

Di Indonesia sendiri Suzuki TS dikenal dengan ke tangguhannya, dan untuk di ketahui, motor ini sempat booming di era tahun 2000an silam.

Namun ada yang menarik saat AD mengunjungi bengkel custom milik Lek Topo Gudel, atau bengkel yang kerap di kenal dengan nama Tauco Custom, yang terletak di kawasan Jl Sama Berkah No 121 Tanah Baru Beji Depok. Di mana Suzuki TS dirubah ke gaya Rideable Exclusive ( Layak di Kendarai).

Modifikasi motor memang bermakna luas, tujuannya  sangat beragam, intinya adalah pada optimalisasi ide kreativitas namun tanpa mengorbankan fungsi sepeda motor itu sendiri, yaitu custom rideable atau layak dikendarai dan tetap menjunjung tinggi nilai artistik custom yang terkonsep dengan baik, karena custom adalahsebuah bentuk karya seni yang akan dinikmati siapapun, termasuk pelaku custom itu sendiri.

Pemilik dari motor Suzuki TS 125 ini adalah bro Tubagus Hariadi Brata adik dari aktor kenamaan Anjasmara. Suzuki Ts 125 yang menjadi legenda motor garuk tanah, trail adventure dirubah bentuk menjadi sangat berbeda dan memiliki karakter.

Merubah habitat dan fungsi dari motor Suzuki Ts 125 kedalam bentuk yang berbeda bukanlah hal yang mudah dan memiliki tantangan tersendiri buat modifikator visioner ini,  Lek Topo mencoba menjawab kebutuhan pemiliknya dengan bentuk yang tidak jauh dari Gen aslinya. Sebuah motor penjelajah untuk segala medan, terlihat diarea kaki kaki yang dikerdilkan menjadi lingkar ring 17, juga perangkat shock depan yang mengaplikasi up side down. Merubah penampilan Suzuki TS 125, tapi tetap bisa dipakai di jalur tanah karena pemakaian ban dengan profil ban dualpurpose, masih rasional dengan tanpa merubah fungsi monosok dan swingarm bawaan motor aslinya.

Perubahan subframe adalah langkah yang diambil pria beranak tiga ini dengan tujuan mengacu ke perubahan bentuk bodi yang mengambil tema street tracker , gaya motor balap jadul flat track yang sengaja dibikin untuk kebutuhan jalan raya ,meskipun tidak mencontek keseluruhan karena pertimbangan kenyamanan, itu kenapa pemakaian lampu depan bulat diaplikasi guna menimbulkan harmonisasi bentuk bodi yang sesuai.

Perubahan pada bagian subframe adalah langkah pertama yang diambil pria beranak tiga ini dengan tujuan mengacu ke perubahan bentuk bodi yang mengambil tema street tracker, bergaya motor balap jadul, flat track yang sengaja dibuat untuk kebutuhan jalan raya. Meskipun tidak mencontek keseluruhan karena pertimbangan kenyamanan, itu kenapa pemakaian lampu depan bulat diaplikasi guna menimbulkan harmonisasi bentuk bodi yang sesuai.

Tantangan utama yang ditemui ada pada bagian segitiga kenyamanan pemiliknya, disini permasalahan timbul, dengan postur yang tinggi dan besar. Penyesuaiannya terdapat atas tinggi posisi motornya, kesan tidak sesuai tampak dari tampilan akhir, motor malah terlihat jangkung, perkaranya ada pada sektor kaki kaki termasuk shock depan yang terlihat kurang kekar. Hal inilah yang sangat dipahami sang builder, yaitu karena motor ini adalah 2 tak yang idealnya tidak mungkin memakai lingkar dan tapak roda yang oversize. Karena akan berpengaruh langsung ke performa motor dengan bobot tubuh pemiliknya yang hampir 100 kg. Alasan yang sangat realistis yang memang mengorbankan tampilan tapi tidak merusak kebutuhan.

Tantangan terakhir adalah keterbatasan biaya untuk sebuah karya modifikasi sangat berpengaruh terhadap hasil akhir nya. Ada beberapa poin penting di sembako modifnya yang tidak bisa menjawab kekurangan tersebut, tapi tetap berusaha menutupi sisi utamanya yaitu kenyamanan dan fungsional dari karya modif kali ini.

Nah apa saja perubahannya :

Shock depan : USD Variasi
Velg depan : Rossi 2,5 inchi x 17
Velg belakang : Rossi 3 inchi x 17
Ban depan : swallow 110/70/17
Ban Belakang : swallow 120/70/17
Knalpot : custom
Stang : gambar
Bodi full set : Tauco Custom

Nah buat kalian yang ingin memodifikasi atau mengcustom motor kalian, cucok tuh buat di garap sama Tauco Custom milik lek Topo Gudel, yang beralamat di Jl. Sama Berkah No 121 Tanah Baru Beji Depok  Telp :0822 9801 3322, monggo guys.

 

Author: ANDIKADIEGO

Tinggalkan Balasan