MELIHAT DARI DEKAT YAMAHA MAJESTY 125

3
505
views

andikadiego.net – Jakarta. Beberapa waktu lalu AD berkesempatan untuk menunggangi sebuah motor matik yang belakangan menjadi trend untuk motor bermodel maxiscooter. Skutik yang keluar sebelum jamannya hahahaha, banyak yang bilang skutik ini adalah mbah-nya Nmax. Skutik bongsor tetapi dengan kubikasi mesin kecil, sekitar 125 cc. Dia adalah Yamaha Majesty 125, skutik nyaman pada zamannya.

Skutik yang AD gunakan ini adalah buatan tahun 2003, hmmm saat itu skutik bbelum seboming sekarang. Mungkin saat itu hanya ada Piaggio Corsa dan Kymco yang berani bermain diranah motor matik. Baru setelah itu produk produk jepang lainnya bermunculan satu per satu.

Yamaha Majesty menggendong mesin 124 cc, single cyllinder SOHC. Berpendingin cairan atau liquid cooling system, masih menggunakan system suplai bahan bakar dengan karburator. Bore x Stroke 53.7 x 54.8 mm, memiliki rasio kompresi yang terbilang tinggi, yaitu 11 : 1. Memiliki power maksimum sebesar 11.39 hp pada putaran 9000 rpm. Torsi maksimumnya adalah 9 Nm pada 8500 rpm.

Yamaha Majesty menawarkan sensasi berkendara tersendiri, meskipun secara kapasitas mesin masih dibawah sang adik seperti Yamaha Nmax atau Yamaha Aerox, tetapi jika berbicara kenyamanan, Yamaha Nmax yang notabene memiliki kapasitas mesin 150 cc belum bisa menandingi kenyamanan si Majesty ini. Yamaha majesty memiliki dimenasi yang lebih panjang ketimbang Yamaha Nmax. Riding position Majesty jauh lebih santai ketimbang Nmax, dan terdapat senderan di bagian pembonceng, juga penyangga tulang belakang untuk si rider.

Untuk penerangan lampu depan maupun lampu belakang, Yamaha Majesty masih menggunakan system penerangan dengan bohlam biasa atau bulb. Ya iyalah namanya juga motor lansiran 2003, saat itu mungkin lampu LED belum terlalu polpuler juga. Model speedo meter yang masih jadul hehehehe, terdiri dari petunjuk kecepatan, takometer bahan bakar, sein, lampu dim juga temperatur dan oil change indikator.

Nah yang menarik meskipun ini skutik bongsor, tetapi bagasi dibawah joknya terbilang kecil. Bagasinya hanya muat 1 buah helm saja, mungkin kapasitas bagasi sekitar 18 liter saja, karena pas hanya satu helm saja. Bahkan jika dibandingkan dengan bagasi Yamaha Freego, kapasitas bagasi Freego masih lebih besar ketimbang sang Majesty.

Karena tepat di depan bagasi terdapat tempat penyimpanan aki motor dan juga tangki bbm. Berbeda dengan skutik gambot saat ini, dimana tangki penyimpanan bbm terdapat pada tulang dibagian dek motor. Yamaha Majesty ini menggunakan velg berukuran 12 inch, dengan ukuran roda depan 120/70 dan roda belakang 130/70. Rem depan menggunakan piringan atau cakram sedangkan bagian belakang masih menggunakan tromol.

Motor tua namun nyaman hehehehe. Nah kalo yang mau minang ini motor tetapi takut nyari part partnya karena ini motor lawas. Ngak usah takut, nehhh AD kasih part part subsitusi untuk si Majesty ini, semoga berguna :

Part Subtitusi Majesty :

  1. CDI : Mio non limiter kalau sudah dirubah dc bisa pakai 5LL 5TP 5TL 5VV terserah mau pilih yg mana.
  2. Shock Belakang : Nmax,Xride.
  3. Kampas Rem depan : CBR Old.
  4. Kampas Rem Belakang : RxKing / Mio/mx.
  5. Kabel Speedo : Vixion/scorpio.
  6. Kabel Rem belakang : sym shark.
  7. Ban : Piaggio/scoopy.
  8. Karburator : Xeon, Klx (autochooke mati). honda x1 (kumamon pake) Pe28(wiam).
  9. Kiprok : vxion , thunder125.
  10. VBelt : Vario150.
  11. Roller : xeon/soul gt(10g).
    Majesty/mio M3( 12g).
    Nmax/aerox(13g).
  12. karet pelindung rem tangan: ninja.
  13. Karet Shock depan : KLX.
  14. Bearing Segitiga Atas : Vixion.
  15. Bearing Segitiga Bawah : Mio.
  16. Membran/Vakum Karbu : Thunder125 Custom.
  17. Variator (rumah roller)+bushing : Xeon.
  18. Kampas kopling: Xeon (rumahnya tetap pake ori).
  19. thermosat = vixion.
  20. Dinamo Starter : menggunakan milik Mio.

Nah jadi ngak usah takut kalo mau minang skutik satu ini, ohh iya info mengenai part part subsitusi Yamaha Majesty ini AD dapet dari group Yamaha Majesty. Ada part part seperti filter harus pesan ke member Yamaha Majesty, nah semoga infonya berguna ya bro.

 

 

 

 

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here