Menyulap Tampilan Suzuki GS 500E ala Bobber Style

12
317
views
Suzuki GS 500E yang disulap menjadi Bobber Style.

andikadiego.net – Jakarta. Suzuki GS 500E merupakan salah satu moge entry level Suzuki, yang diproduksi antara tahun 1989 hingga tahun 2004.

Nah salah satu pemiliknya di Indonesia adalah Gifari, yang datang ke workshop Tauco Custom yang berlokasi di bilangan Tanah Baru Beji Depok.

Beliau datang dengan membawa Suzuki GS 500E miliknya,  dalam kondisi sekarat dan tak terurus.

Gifari selaku pemilik menginginkan aga Suzuki GS 500E miliknya dapat berjalan kembali, bahkan ia memberikan design dan konsep yang mengacu ke bentuk Bobber Oriental.

Builder preneur Topo Goedel Atmodjo modifikator lintas generasi dari Rumah Modifikasi Tauco Custom Motorcycle ini menerima permintaan Gifari untuk dapat merombak tampilan dari GS 500E menjadi bentuk yang ia inginkan. Topo Gudel menerima pekerjaan tersebut karena ini merupakan sebuah pekerjaan yang penuh tantangan ,layaknya membangkitkan dari tidur panjang motor legendaris itu.

Bentuk dasar awal GS 500 adalah Sport Naked , dengan bentuk frame diamond serta bentuk bodi yang sporty juga kaki kaki yang mengaplikasi Castingwheel sangat tidak cocok dengan tema Bobber Oriental, semua terpaksa dipensiunkan dan diganti dengan handmade dan variasi tambahan .

Pekerjaan rumah lainnya adalah mencari part-part original GS 500E, seperti yang diketahui bahwa motor ini sudah lama didiscontinue oleh pihak Suzuki, otomatis sulit sekali mencari spare part yang tersedia. Alasan itulah yang membuat pengerjaan motor ini memakan waktu hingga satu tahun lamanya.

Proses pengerjaan merubah tampilan Suzuki GS 500E ini memakan waktu kurang lebih setahun lamanya.

Bobber Oriental yang diaplikasi murni terkonsep dari orang lokal asia yang memang memiliki postur pendek dan (hidung pesek) , dengan mainframe yang memanjang efeknya jarak kemudi jadi lumayan ada jarak , posisi tangan juga lebih tegak, tidak melengkung layaknya motor lokal yang normal.

Untuk mengejar bentuk Bobber Oriental yang sesuai, frame utama dibikin dari pipa seamless yang terkenal fleksibel dan ulet, dan mengacu ke bentuk double cradel, efeknya dimensi mesin jadi tampak keluar dan kokoh terlihat dan menjadi rencana awal. Ubahan berikutnya ada di sektor kaki-kaki, kombinasi lingkar roda 17 depan dan belakang 16 dengan tapak ban tipe klasik menjadikan pondasi semakin terlihat kesan bobber yang sebenarnya.

” Disini tantangan utamanya bukan pada bentuk rangka dan bodi, tapi kendala paling utama ada di part mesin yang lumayan menyita waktu dalam pengadaannya, kalau masalah konsep dasar tidak menjadi kendala berarti, karena sudah menjadi pekerjaan setiap saat, ada part yang sempet harus diimport dari Amerika Latin untuk mendapatkan part originalnya,” ungkap modifikator penuh talenta ini.

Si pemilik sudah menunggu hasil karya dari bengkel modifikasi yang telah berkarya lebih dari 20 tahun ini, pastinya topcer.

Mencari part-part original dari Suzuki GS 500E ini merupakan hal yang paling menyita waktu dan perhatian.

Data modifikasi Suzuki Gs 500

Velg depan : Rossi 250 x 17.
Ban depan : Swallow 350 / 17.
Velg belakang : custom 300 x16.
Ban Belakang : Swallow 500/16.
Shock depan : Standart Suzuki Gs 500.
Shock Belakang : Scarlet Variasi.
Knalpot : Goedel Industries.
Cakram depan : custom.
Stang setir : custom 7/8 x 14.
Swing arm : Goedel Industries
Lampu depan + belakang + sein kr/kn + spidometer : custom variasi.
Bodi full set : Plat galvanis 0,9 mm Goedel Industries.

Hasil modifikasi : 8,5

 

Text : andika          Editor : andika          Pict by andikadiego

12 KOMENTAR

    • untuk merubah fisik habis sekitar 20 jutaan lek, yang paling mahal menghidupkan mesinnya, karena part-part GS 500 harus inden dan belinya di luar negri, itu pun tidak semua part anyar tapi second, untuk menghidupkan mesin infonya seharga Xmax

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here