Musim Hujan Tiba, Perhatikan Ini Saat Berkendara

0
11
views
Pict by coolbsfashion.com

andikadiego.net – Jakarta. Musim hujan sudah mulai menghiasi hari-hari belakangan ini, mulai dari hujan dengan intensitas ringan, sedang hingga deras.

Untuk pengendara motor seperti mimin, hujan dapat membawa kekhawatiran tersendiri. Terlebih saat motor yang kita tunggangi dalam keadaan yang kurang baik atau kita lupa membawa perlengkapan di saat hujan.

Barikut mimin berikan beberapa tips yang mungkin dapat menjadi referensi, yang mimin dapatkan dari Yogi Baskoro Murti dari Indonesia Defensive Driving Center (IDDC).

  1. Priksalah kondisi roda hingga permukaan pada ban motor. Apakah kondisinya masih layak misalkan alur pada permukaan ban, juga periksa tekanan angin pada motor anda. Hati-hati karena alur yang kurang baik, atau permukaan ban yang sudah botak, dapat mengakibatkan resiko tergelincir.
  2. Cek kondisi rem pada motor, jangan sampai ketika anda melakukan pengereman ternyata rem tidak bekerja dengan semestinya alias motor tidak berhenti sesuai dengan keinginan kita.
  3. Patikan kondisi lampu kendaraan bekerja dengan semestinya, karena lampu merupakan salah satu fiture yang cukup fital. Karena fungsinya sebagai penanda keberadaan posisi motor berada. Jadi jangan sampai mati tuh lampu, BERBAHAYA.
  4. Jaga kecepatan, karena saat turun hujan kinerja roda tidak terlalu maksimal karena tidak semua jenis ban memiliki daya cengkram yang baik, apalagi saat kondisi basah.
  5. Gunakan jas hujan agar anda tetap merasa nyaman saat berkendara di bawah hujan. Namun usahakan jas hujan yang anda gunakan tidak sampai menjuntai ke bawah. Karena dapat tersangkut pada roda gigi atau rantai, bahkan terlilit ke bagian roda belakang, dapat berakibat fatal.
  6. Konsentrasi dan tetap fokus, karena saat berkendara di bawah hujan pandangan akan terhalang oleh rintik hujan yang membasahi helm. Karena itu harus tetap fokus pada sekeliling.

Ingat bray, persiapkan diri hingga kendaraan yang akan kita gunakan. Jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan, jaga keselamatan selalu.

Tinggalkan Balasan