New Suzuki Hayabusa Telah Lahir, Tawarkan Performa Hingga Fitur Terkini

263
views
New Suzuki Hayabusa  telah lahir, tawarkan performa hingga fitur terkini.

andikadiego.net – Jakarta. New Suzuki Hayabusa  telah lahir, tawarkan performa hingga fitur terkini. Akhirnya bror, Suzuki secara resmi memperkenalkan generasi terbaru dari Suzuki Hayabusa. New Suzuki Hayabusa 2021 ini merupakan generasi ke-3 dari keluarga Hayabusa sejak pertama di perkenalkan pada tahun 1998 silam.

Baca juga : Suzuki All New GSX1400R Hayabusa Tampakkan Wujud Aslinya, Gahar Puool!

Generasi pertama Suzuki Hayabusa diperkenalkan pada tahun 1998 dan dirilis kepublik sekitar tahun 1999 hingga tahun 2007. Pada generasi pertama tersebut Hayabusa masih menggunakan mesin 1.300 cc bror. Nah, di tahun 2008 lahirlah Suzuki Hayabusa generasi ke-2 dengan menaikan kapasitas mesin menjadi 1340 cc. Di generasi ke-2 ini cukup lama Hayabusa tidak mendapatkan up-date hingga akhirnya Suzuki menghentikan produksi Hayabusa di tahun 2020. Dan akhirnya di tahun 2021 ini, Suzuki kembali memperkenalkan generasi terbaru dari Suzuki GSX1400R Hayabusa.

New Suzuki Hayabusa memadukan design lawas Hayabusa yang serba membulat dengan unsur futuristik. Mengusung tema ‘The Refined Beast‘ atau Buas namun halus. Mengekspresikan ketenangan dan keanggunan yang lahir dari kemampuan baru yang dimiliki oleh hayabusa, membuat pengendara dapat memegang kendali penuh atas kekuatannya yang dimilikinya.

Aerodinamikan yang dimiliki-nya akan membuat si pengendara serasa menyatu dengan motor saat sedang berkendara, terlebih ketika mencapai kecepatan tinggi. Menggunakan aksen metalik pada bagian sisi body yang mengalir ke arah muffler, menggambarkan power serta kualitas dari Hayabusa itu sendiri.

Hayabusa 2021 ini, tidak lagi menggunakan velg palang tiga yang telah digunakan sejak lahirnya Hayabusa hingga tahun 2020 lalu. Kini New Hayabusa telah menggunakan velg dengan model baru bror, velg dengan 7 palang (7-Spoke Wheel). Makin kece dong kaki-kakinya sekarang.

Menggunakan design logo Hayabusa terbaru yang menggambarkan kekuatan serta ke-dinamisan. Serta tulisan Hayabusa yang memanjang pada huruf H mewakili unsur kecepatan yang dimiliki oleh New Hayabusa.

Suzuki memberikan sentuhan pada bagian lampu New Hayabusa bror, design lampu yang inovatif serta kekinian. Jika kita melihat dari bagian depan motor ini, maka akan tampak gambaran dari seekor burung pemangsa, seperti asal nama dari Hayabusa itu sendiri. Menggunakan lampu low-beam LED dengan dipadukan lampu high-beam projector sehingga terlihat lebih modern. Sedangkan lampu DRL menyatu dengan lampu sein yang akan menyala ketika sein diaktifkan. Untuk lampu rem Suzuki juga telah membekalinya dengan penggunaan tekhnologi LED, memisah antara bagian kanan dan kiri. Terlihat seperti Suzuki Burgman 400 malahan bror.

Model lampu belakang New Hayabusa yang terlihat gahar. Sekilas seperti elihat motor matik seperti Burgman.

Memanfaatkan sasis aluminium twin spar dan swingarm Hayabusa lawas yang telah teruji, frame yang memiliki daya lentur serta kekuatan hingga keseimbangan bagi motor saat melaju dengan kecepatan tinggi.

Suzuki membekali New Hayabusa dengan mesin berkapasitas 1.340 cc, 4-langkah, empat silinder segaris, DOHC, 16-Valve, berpendingin cairan. Dapat memuntahkan tenaga hingga 187 Hp dan torsi mencapai 150 Nm. Sudah berstandar EURO-5, karena itu dapat dilihat dari design muffler New Hayabusa yang memiliki bentuk membesar di ujungnya. Suzuki mengklaim New Hayabusa dapat dipacu hingga 300 Km/jam. Gila bror, rasanya kayak apa itu, lha saya naik motor 80 Km/jam aja udah takut.

Menggunakan sasis alumunium twin spar dengan mesin 1.340 cc yang lebih advance dari generasi sebelumnya.

Kini rider akan merasa lebih aman serta nyaman saat mengendarai New Hayabusa, karena Suzuki telah mencangkokan fitur serta tekhnologi kekinian ke tubuh Hayabusa. Seperti penggunaan S.I.R.S (Suzuki Intelligent Ride System), rem ABS, Hill-Start Assist Control, Traction Control Unit, Engine Braking Control, Launch Control System, Cruise Control, Speed Limiter Active, SDMS (Suzuki Drive Mode Selector), Assist Slipper Clutch, Suzuki Ride-by-Wire Electronic Throttle System.

Memiliki instrumen cluster yang berbeda dari generasi sebelumnya, meskipun menggunakan desing analog yang dipadukan dengan layar digital TFT yang terlihat makin jelas dan lebih terang. Pada layar digital TFT informasi mengenai pemilihan mode berkendara SDMS-Alpha hingga sudut kemiringan motor dapat terbaca sehingga rider dapat mengetahui dengan jelas kondisi motor saat dikendarai.

Mempertahankan model speedometer analog seperti yang ada pada Hayabusa lawas, dengan penempatan layar TFT di bagian tengah.

New Suzuki Hayabusa tersedia dalam 3 warna berbeda, Hitam, Putih dan Silver. Suzuki akan merilis menjualnya mulai bulan Maret 2021, di Inggris motor ini dihargai 16.499 Pound Britania atau sekitar Rp 317 jutaan jika di rupiahkan. Tapi itu belum temasuk pajak serta biaya barang mevah bror. Hayoo siapa yang menunggu The Legend of Speed ini?

Warna hitam dengan aksen list orange dan silver.

 

Warna silver dengan aksen list merah dan silver (chrome).

Baca juga : Suzuki SV650 Punya Warna Baru, Lebih Menarik Dari Z650?

 

Text : andika             Pict by CarScoops

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here