Nih Saudara Jauhnya Honda Genio, Dayang Viball 125

Dayang Viball skutik asal Tiongkok, yang memiliki kemiripan dengan Honda Genio yang beredar di Indonesia.

andikadiego.net – Jakarta. Dayang Viball atau Dayang DY125T-31, merupakan skutik asal Tiongkok yang memiliki kemiripan dengan Honda Genio yang beredar di Indonesia.

Gaes, ternyata di belahan Bumi lain alias di Tiongkok sana ada lho skutik yang memiliki kemiripan dengan Honda Genio yang ada di Indonesia. Ya, tidak 100 persen mirip, hanya saja terlihat seperti Genio 110. Nama skutik tersebut adalah Dayang Viball atau Dayang DT125T-31.

Baca juga : Retrovolution Kawasaki Z650RS, Kalo ini sih Keren

Dayang sendiri merupakan perusahaan otomotif asal Tiongkok ya gaes. Nama Dayang sendiri sesungguhnya tidak asing di telinga kita, karena produk ini sempat merambah pasar Indonesia sekitar pertengahan tahun 90an hingga akhir 90an. Saat itu produk-produk otomotif asal Tiongkok khususnya roda 2 mulai membanjiri pasar dalam negeri.

Viball memiliki design layaknya Honda Genio, yang memadukan unsur retro dengan modern. Model depan sedikit membulat, namun di bagian belakang tidak seperti Honda Genio. Jika di Genio 110 bagian belakangnya meruncing kebelakang, maka pada Dayang Viball belakangnya menekuk kebawah.

Fiturnya sudah lumayan lengkap gaes, seperti lampu utama yang telah menggunakan model dual LED bertumpuk atas bawah. Serta dibungkus oleh lensa projector, tampilannya boleh juga. Lampu belakang juga sudah dibekali dengan lampu LED serta lampu DRL, uniknya lagi model lampu belakangnya terlihat seperti milik Suzuki Saluto 125 gaes.

Meskipun ini adalah skutik asal Tiongkok, namun fiturnya jangan dianggap sebelah mata gaes.

Dayang sudah melengkapinya dengan Aluminum alloy rear handle alias handel belakang yang sudah dapat langsung dipasangi top box. Sudah dapat manampung satu buah helm di bagasi, tetapi helm 3/4 saja gaes, bukan helm full face atau helm half face. Penggunaan speedometer kombinasi antara analog serta digital. Memiliki slot USB Charger dan sistem kunci pelindung (Secure Key System).

Yang menarik nih gaes, skutik ini menggunakan teknologi Vi-Core platform daya Vi-Core mengintegrasikan teknologi hybrid, idling stop system, silent start, dan mampu mengisi daya gadget dengan cepat (fast Charging Technology)..

Dipersenjatai oleh mesin berkapasitas 125 cc, satu silinder, SOHC, berpendingin udara. Dapat memuntahkan tenaga hingga 9,1 daya kuda pada 7.000 Rpm. Serta memiliki torsi sebesar 10,3 Nm di putaran 5.000 Rpm.

Untuk kaki-kakinya skutik ini menggunakan suspensi depan teleskopik, dan shockbreacker tunggal. Menggunakan velg 14, dengan ukuran ban 89/90-14 depan lalu 90/90-14 belakang. Pada sisi pengereman, skutik asal Tiongkok ini telah memiliki cakram pada kedua rodanya.

Dayang sendiri menawarkannya dalam 5 pilihan warna menarik, ada hitam kombinasi kuning, putih, hitam polos, biru muda hingga merah. Cukup menarik menilik kembarannya Honda Genio di Tiongkok sana, menarikkah untuk kalian?

Baca juga : Suzuki GSX-S 1000 GT Meluncur, Lawan Yang Pas Untuk Kawasaki Ninja 1000 SX

 

Text and Edit : Andika           Pict by Dayang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here