SCEM Tidak Lagi Digunakan Pada SuzukiI Nex

1307
views
SCEM atau Suzuki Composite Electrochemical Material
oli wolf

andikadiego.net – Jakarta. Para pengguna motor matik khususnya matik lansiran dari pabrikan berlogo “S” pasti tau istilah SCEM (Suzuki Composite Electrochemical Material), Yakni teknologi blok silinder dengan liner berbahan aluminium yang diformulasi khusus dan sangat tipis. Cuma terdiri dari lapisan beberapa mikron. Sehingga silinder tampak seperti tanpa liner, meski tipis tapi memiliki keunggulan, ringan, kuat dan cepat melepaskan panas pada mesin.

SCEM terbukti tangguh, lhaaa wong tukang bubut aja geleng kepala. Tapi mengapa kini suzuki tidak lagi membekali farian terbaru mereka Suzuki Nex dengan teknologi ini ?…, Sepertinya Suzuki memberikan keleluasaan bagi para speed freak yang mau menambah kapasitas mesin NEX agar lebih mudah saat di oversize. Karna penggunaan blok konvensional seperti pada farian matik produk tetangga sebelah.

Apalagi bore x stroke NEX tidak berbeda jauh dengan milik Beat, yaitu 51,0 x 55,2mm untuk Nex dan 50 x 55mm untuk Beat. Jadi klo mau naik dari 110 ke 130cc bisa menggunakan piston 54,5mm. Dan bisa menggunakan produk keluaran FIM milik Beat, tapi bisa juga dipakai oleh Nex.

Mungkin itulah kenapa Nex tidak lagi menggunakan teknologi SCEM, teknologi yang selama ini digunakan pada SPIN (rip), SKYWAVE dan SKYDRIVE, agar memudahkan mereka yg senang dengan kecepatan, untuk bisa mendongkrak power si NEX. Dan itu pula alasan mengapa menggunakan blok selinder konvensional.
Lalu menurut bro sekalian….ini kemajuan atau kemunduran ?

 

Text : andika          Editor : andika          Pict by Suzuki

1 KOMENTAR

  1. Tambahan, mungkin juga buat mangkas harga. Soal kekuatan tanpa SCEM ngga usah ragu, itu Shogun 110 yg belum kenal namanya SCEM aja masih mendeles. 😆

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here