Selamat Tahun Baru 2021, Beberapa Produk Baru Siap Digelontorkan

254
views
Honda All New CBR150R dipastikan akan mendapatkan ubahan yang tidak hanya sekedar facelift saja, tapi merupakan produk all new.

andikadiego.net – Jakarta. Selamat tahun baru 2021, beberapa produk baru siap digelontorkan. Holla bror, tahun 2020 telah meninggalkan kita dan kini waktunya untuk menyambut tahun yang baru 2021. Saya ucapkan selamat tahun baru untuk teman-teman semua dan terima kasih telah mengikuti blog saya selama ini, dan selamat bergabung kepada teman-teman yang baru mengikuti perjalanan blog saya ini.

Baca juga : Yamaha Exciter 155 2020, Motor Bebek Yang Mencoba Peruntungan di Kelas Motor Sport

Nah, tahun baru biasanya pabrikan otomotif khususnya roda dua sudah mempersiapkan line-up terbaru untuk ditawarkan di tahun 2021. Sudah bukan hal yang baru jika produk lawas bersiap untuk digantikan dengan wajah baru, atau hanya sekedar facelift saja.

Jika di tahun sebelum-sebelumnya penjualan sepeda motor terus meningkat, maka di tahun 2020 kemarin penjualan sepeda motor terbilang lesu. Jika di tahun 2018-2019 penjualan sepeda motor dapat menyentuh angka 6 juta unit, maka di tahun 2020 menurut data AISI penjualan sepeda motor dari Januari – November hanya terjual sebanyak 3,4 juta unit. Lalu bagai mana di tahun 2021 ini, apakah dapat melebihi penjualan tahun 2020 atau malah berada di bawah angka tersebut.

Kali ini saya sekedar ingin berbagi mengenai produk apa saja yang diprediksi akan keluar di tahun 2021, produk tersebut tidak sekedar facelift semata melainkan benar-benar produk baru bror. Sebelum kita lanjut, sruput kopi atau teh hangat dulu agar lebih santai.

. PT Astra Honda Motor (AHM)

Yang pertama datang dari PT Astra Honda Motor (AHM). Menurut beberapa sumber informan saya, AHM akan meluncurkan produk terbaru dari Honda All New CBR150R. Bukan tanpa alasan lho, karena ini produk terbilang sudah cukup lama mengaspal di Indonesia.

Terhitung sejak tahun 2014 motor sport andalan AHM ini telah mengaspal tanpa mendapatkan ubahan berarti selain hanya berganti warna dan stripingnya saja. Bahkan motor ini terhitung merupakan produk yang inferior dibandingkan dengan produk kompetitor, sebut saja Suzuki GSX-R150 dan Yamaha R-15. Kedua produk kompetitor tersebut memiliki keunggulan di sektor tenaga dibandingkan dengan All New CBR150R. Jadi awajar aja sih kalo AHM si raja penjualan sepeda motor harus bergerak untuk meremajakan tampilan motor sport 150 cc nya itu.

Honda PCX 150 akan menggunakan mesin anyar dengan kapasitas 160 cc, dan menjadi ancaman serius untuk All New Yamaha Nmax 155 VVA.

Urutan kedua masih dari pabrikan berlogo sayap burung bror. Honda Jepang beberapa waktu lalu telah merilis Honda PCX generasi terbaru yang telah menggunakan mesin dengan kapasitas tidak lagi 150 cc melainkan 160 cc bror, beritanya bisa dilihat di sini.

Nah, jika di Jepang sudah maka dipastikan Indonesia akan mendapatkan giliran untuk menjual produk serupa. Secara AHM pasti gak mau kalah lah sama Yamaha lewat All New Yamaha Nmax 155 VVA ya kan, Honda gitu loh.

Selain itu, kemungkinan Honda Vario 150 akan mendapatkan up-date peremajaan, secara mesinnya memiliki kemiripan dengan Honda PCX, apa iya PCX-nya barubah lalu Varionya tidak diubah.

. PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM)

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) pastinya gak mau ketinggalan untuk merilis produk barunya di tahun 2021. Salah satu produk yang akan dirilis kemungkinan besar adalah Yamaha MX-King 150. Seperti yang telah dilakukan oleh Yamaha Motor Vietnam di mana mereka baru saja merilis Yamaha Exciter 155 VVA yang di Indonesia menjadi Yamaha MX-King 155 VVA.

Yamaha MX-King 155 VVA akan menjadi satu-satunya motor bebek yang menggunakan tekhnologi Assist & Slipper Clutch.

Yamaha MX-King memang dikenal menjadi salah satu motor bebek terkencang, tidak lagi di dominasi sama Suzuki Satria ya predikat si bebek kencang, meskipun kalo di Youtube masih menang Satria sih kalo satu lawan satu drag bike gitu.

So, kemungkinan Yamaha akan meremajakan tampilan Yamaha MX-King dengan platform yang sama dengan Yamaha Exciter 155 VVA. MX-King terbaru nanti akan menggunakan fitur  assist and slipper clutch yang mana cuma MX-King aja yang punya bror, motor bebek lain ketinggalan. Jangankan motor bebek lain, lha wong fitur  assist and slipper clutch di motor sport 150 cc aja cuma R-15 sama MT-15 aja yang punya.

. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS)

Terakhir datang dari PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), yang nampaknya akan memasukan motor 250 cc ke Indonesia. Motor tersebut bukanlah Gixxer 250 dari India bror, melainkan Suzuki GSX250R yang akan diimpor utuh dari Tiongkok.

Tapi pertanyaan besar saya kenapa GSX250R? Suzuki GSX250R saat ini menjadi motor sport 250 cc berfairing dengan tenaga yang imut dibandingkan dengan kompetitornya, contoh saja nih bror, Kawasaki dengan ZX25R nya memiliki tenaga mencapai 42 Hp, Honda dengan 38 Hp dan Yamaha R25 dapat menghasilkan tenaga hingga 35 Hp sedangkan Suzuki GSX250R cuma 25 Hp.

Suzuki GSX250R akan menjadi jagoan baru Suzuki Indonesia untuk kelas 250 cc meskipun terbilang terlambat.

Terlalu beranikah SIS menjual GSX250R atau hanya sekedar menambahkan line-up produk mereka? Apapun alasannya mau-mau Suzuki Indonesia aja lah.

Tapi menurut saya pribadi ketimbang Suzuki GSX250R kenapa Suzuki tidak mencoba untuk menjual V-Strom250 saja, tampilan motor adventure gak perlu tenaga besar yang penting ok untuk dibawa touring. Tapi yah seperti yang saya bilang sebelumnya apapun alasannya mau-mau Suzuki aja dah.

Line-up berikutnya, sepertinya Suzuki akan meremajakan tampilan Suzuki Satria Fi, yang telah dirilis sejak awal tahun 2016 lalu. Maka jika dihitung hingga tahun 2021 usianya telah memasuki 5 tahun, usia di mana biasanya pabrikan akan memberikan ubahan pada produk andalannya.

Lalu bagaimana dengan Kawasaki? Lupakan Kawasaki, karena saya tidak memiliki informasi apapun seputar produk Kawasaki. Yang pasti matik Kawasaki gak bakal meluncur di Indonesia, jadi jangan ngarep.

Untuk saat ini mungkin itu saja informasi yang dapat saya bagikan kepada kalian bror, sekali lagi selamat tahun baru untuk kita semua. Semoga di tahun baru ini kita diberikan kesehatan, dijauhkan dari berbagai macam penyakit dan sukses selalu, amiin.

Suzuki Satria F150 Fi menjadi salah satu kandidat yang akan diremajakan oleh PT SIS mengingat usianya yang telah memasuki 5 tahun.

Baca juga : Tak Terlihat di Website, Suzuki Hentikan Penjualan Nex II Cross?

 

Text : andika              Pict by Website APM

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here