Suzuki Nex Crosover Tampilannya Biasa Saja, Tapi Untuk Kenyamanan Emang Jempolan

404
views
Suzuki Nex Crossover tampilannya biasa saja, tapi untuk kenyamanan emang jempolan.

andikadiego.net – Jakarta. Suzuki Nex Crossover tampilannya biasa saja, tapi untuk kenyamanan emang jempolan. Holla bror, happy weekend untuk kita semua. Bror, sudah 2 hari ini saya berkendara menggunakan skutik terbaru lansiran PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), yaitu Suzuki Nex Crossover.

Baca juga : Suzuki Gixxer 250SF Sedang Dipersiapkan Oleh Suzuki, Benarkah Harganya 40 Jutaan?

Skutik Adventure ini memang belum lama diluncurkan bror, tepatnya menjelang akhir tahun lalu beritanya di sini . Kesan saya pertama kali melihat sosok Nex Crossover, jujur saja terlihat biasa saja tidak ada yang spesial di mata saya. Karena skutik adventure lansiran PT SIS tersebut menggunakan basik dari Suzuki Nex II yang ada, apa lagi Suzuki Nex II telah tersebar di masyarakat, jadi sudah terlalu sering melihat sosok dari Suzuki Nex II.

Di mata saya Nex Crossover tak ubahnya seperti Suzuki Nex II yang dimodifikasi bagian stang dan rodanya saja. Jadi sosoknya ya tetep Suzuki Nex II yang sudah familiar di mata saya. Apalagi tidak ada yang berbeda baik itu fitur dan juga tekhnologi antara keduanya. Bisa dibilang merupakan penyempurnaan dari Suzuki Nex II Cross yang sempat dijual oleh Suzuki Indonesia.

Setelah puas mengambil gambar akhirnya Suzuki Nex Crossover saya bawa pulang. Sekedar informasi Nex Crossover yang saya gunakan saya pinjam dari Suzuki Puma, Galaxy, Kalimalang.

Impresi saya saat duduk di atas skutik satu ini terasa cukup nyaman. Karena posisi stang yang cukup tinggi dengan menggunakan stang fatbar otomatis tubuh kita berada dalam posisi tegak, posisi lengan terasa sangat santai menggapai bagian kemudi. Dengan tinggi badan 180 cm, posisi kaki menapak dengan sempurna ke bagian tanah.

Sektor kenyamanan merupakan nilai plus dari skutik adventure lansiran PT Suzuki Indomobil Sales yang di unggulkan.

Putar kunci ke posisi on, otomatis speedometer langsung menyala. Dengan layar background berwarna oranye informasi pada tampilan speedometer terbaca jelas. Mulai dari petunjuk kecepatan, informasi bahan bakar, petunjuk waktu (jam), jarak tempuh, trip A, trip B hingga volt meter atau informasi mengenai tegangan aki.

Tanpa buang waktu langsung nyalakan tombol starter, cukup sekali tekan motor langsung menyala. Karena skutik adventure 113 cc ini telah dibekali dengan fitur Easy Start System. Putar gas perlahan, skutik mulai bergerak meninggalkan diler Suzuki Puma, Galaxy.

Memasuki jalur Jalan Raya Kalimalang yang berkontur bergelombang karena menggunakan model jalan cor-coran. Skutik ini mantab melewatinya, perbedaannya sangat terasa antara Suzuki Nex II dengan Suzuki Nex Crossover bror. Apalagi saya yang keseharian menggunakan Suzuki Address 113 cc. Saya katakan kenyamanan-nya gak ada obat.

Meskipun memiliki platform yang sama dengan Suzuki Nex II namun bantingan suspensinya terasa berbeda, sangat berbeda. Nex Crossover cukup mantab ketika melewati speed trap hingga permukaan jalan yang tidak rata. Berbeda seperti ketika saya mengemudikan Suzuki Address yang ketika melewati speed trap akan terasa hingga ke tangan. Ntah bagaimana Suzuki maramu sektor suspensi, hingga dapat bekerja secara maksimal meredam permukaan jalan yang tidak rata itu.

Bahkan ayunan suspensinya masih lebih baik dari skutik pabrikan sebelah yang memiliki genre serupa ataupun mirip-mirip. Inilah yang saya bilang, tapilannya biasa saja tapi kenyamanan-nya jempolan bror. Tidak berlebihan jika saya samakan seperti menaiki mobil sedan premium yang suspensinya tidak menggangu saat sedang terlelap pulas.

Permukaan jalan yang tidak rata, mantab dilibas, suspensi skutik ini emang juara bror.

Itulah kelebihan dari kutik adventur satu ini, tapi ada juga kekurangannya lho. Suzuki tidak membekalinya dengan USB Charger, sayang sekali, padahal fitur tersebut dewasa ini sangat dicari oleh masyarakat kita.

Selebihnya, gak ada masalah, meskipun karakter skutik ini masih tetap membawa karakter matik Suzuki sejak dari jaman Suzuki Spin, smooth di awal galak di RPM atas. Di sektor pengereman, ini juga saya agak terkjut, karena pengereman Nex Crossover ternyata lebih baik dari Suzuki Address milik saya. Late brakingnya ampuh alias cukup pakem, berbeda dengan skutik Suzuki lainnya.

Untuk harganya yang dijual sekitar Rp 17,9 jutaan menurut saya sih masih agak terlalu tinggi, tapi mengingat apa yang didapatkan ketika menggunakan skutik ini sepertinya ok lah. Menjual kenyamanan yang tidak didapat oleh skutik sekelasnya plus, jadi perhatian kalo dijalan.

Baca juga : Gosip Kehadiran Suzuki GSX250R di Indonesia, Apa Keunggulannya Dibandingkan Para Rivalnya?

 

Text : andika               Pict by andikadiego

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here