Suzuki Saluto 125, Pengganti Suzuki Lets Yang Keren Punya

0
342
views
Photo by supermoto8

andikadiego.net – Taiwan. Kabar mengejutkan sekaligus sebuah kabar gembira. Suzuki baru saja memperkenalkan salah satu varian terbarunya yaitu Suzuki Saluto 125.

Produk terbarunya ini diperkenalkan bertepatan dengan gelaran World New Car Show 2020 yang berlangsung di Nangang Exhibition Hall Taipei, Taiwan, mulai 26 Desember 2019 – 1 Januari 2020.

Suzuki seperti melihat celah yang sepertinya selama ini menjadi angan-angan mimin, karena sejak lama mimin berkhayal jika Suzuki membuat motor matik dengan design neo-retro. Dan nampaknya khayalan mimin akhirnya terwujud dalam wujud Suzuki Saluto 125.

Mengusung model neo-retro klasik, dengan body yang agak membulat layaknya Piaggio Vespa, Peugeot Django, Kymco Like 150 hingga Lambreta. Model seperti ini memang sudah menjadi ciri khas skutik asal eropa khususnya Italia. Dan saat ini Suzuki coba bermain di dalamnya, menurut mimin sih smart choise lah.

Dibekali engine serupa dengan yang telah digunakan oleh Suzuki Swish 125 cc, dengan kubikasi murni 124 cc SEP (Suzuki Eco Performance) yang mampu memberikan tenaga hingga 9,4 HP pada putaran 7.000 RPM. Dan memiliki torsi sebesar 10 Nm pada 6.000 RPM, dirasa cukup untuk sebuah skutik neo-retro.

Adapun fiture yang dibenamkan Suzuki untuk skutik anyarnya ini terbilang keren punya. Seperti penggunaan lampu LED, DRL hingga sistem kunci Key-Less dan USB charger yang semakin membuatnya terlihat modern dan futuristik. Ruang penyimpanan pada bagian depan yang cukup untuk meletakan beberapa barang bawaan seperti tempat minum dan bagasi besar yang terletak di bawah jok motor. Sedangkan tangki bbm pada motor ini berada di bagian depan, tidak lagi berada di bagian bawah tempat duduk.

Sedangkan untuk sektor kaki-kaki, Saluto menggunakan velg dengan ukuran 12 inchi dan dibalut dengan profil ban bertapak lebar. Serta menggunakan suspensi ganda di bagian roda belakangnya.

Nah melihat tampilannya yang terbilang ciamik untuk sebuah skuter, mimin rasa PT Suzuki Indomobil Sales sudah seharusnya memboyong skutik satu ini, kalo perlu diproduksi di sini guna menekan harga jualnya (ngarep boleh dong). Kalo kata Suzuki Lovers “Ketimbang ngarep skutik gambot yang gak jelas juntrungannya, Saluto bisa jadi obat kekecewaan” ungkap si anu selaku Suzuki die hard fans mengatakan.

Saluto 125 dapat menjadi pengganti dari Suzuki Lets yang saat itu hanya bertahan sekitar 3 tahun saja dan harus merasakan kekejaman kata-kata discontinue untuk di Indonesia. Karena itu Suzuki Saluto sepertinya dapat menjadi obat penawar rindu untuk penggemar motor retro khususnya Suzuki. Piyee Suzuki minat ra ?

Photo by Moto7

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here