Viar New Q1, Motor Yang Ramah Lingkungan

andikadiego.net – Jakarta. Viar New Q1 adalah, generasi terbaru dari Viar Q1. Motor yang ramah lingkungan, karena hanya menggunakan daya listrik, alias tidak menggunakan timbal atau bahan bakar.

Manarik memang membahas motor satu ini, apalagi dewasa ini ramai mengenai polusi udara yang semakin hari semakin tinggi tingkat pencemaran udaranya.

Beberapa waktu lalu, AD sempat mencoba untuk menggunakan motor ramah lingkungan ini. Di ajak jalan dari rumah hingga kekantor, untuk beberapa hari saja.

Motor ini memiliki body yang cukup ramping dan juga mungil, dengan design membulat, tapi bukan tahu bulat yang di goreng dadakn yak hehehehe. Namun menurut AD motor ini lebih cucok untuk dikendarai seorang diri, karena saat AD mencoba untuk berboncengan dengan istri tercinta, motor ini terasa overload, bokong istri sedikit offside hehehe. Bahkan posisi duduk AD, berasa jadi kurang nyaman yah, jadi terlalu kedepan, mungkin tinggi badan juga mempengaruhi ya bro.

Mungkin untuk tinggi badan di bawah 170 aman aman saja, namun untuk tinggi badan seperti AD yang mencapai 170, sepertinya menjadi kendala saat berboncengan.

Namun yang menarik, dek depan pada motor ini terbilang cukup luas bro, bahkan untuk meletakan galon air mineral, dalam posisi tiduran, motor ini dapat menampungnya, aman.

Melihat ke daerah panel speedo meter, motor ini memiliki informasi yang cukup jelas. Dari mulai kecepatan motor, lalu adanya petunjuk suhu, berapa derajat suhu saat itu dapat terlihat jelas. Lalu info, mengenai berapa jarak tempuh yang telah kita lalui, dari lokasi A ke lokasi B, atau odo meter. Juga terdapat petunjuk mengenai, berapa persen kapasitas baterai pada motor.

Motor ini sudah di lengkapi dengan tombol parkir, saat kita tekan logo P, maka akan terlihat pada tampilan speedo meter. Jika logo P sudah keluar, maka motor tidak akan dapat berjalan, meskipun gas kita puntir. Jika kita tekan lagi hingga logo P hilang, barulah motor dapat berjalan kembali.

Namun motor mungil ini tidak memiliki ruang penyimpanan seperti bagasi misalnya, hanya ada dua buah kompartemen di bagian depan, di kanan dan di kiri, yang hanya dapat menyimpan barang barang kecil, atau tempat minum.

Ruang bagasi yang biasanya terdapat pada bagian bawah jok, pada Viar New Q1 ini menjadi tempat penyimpanan baaterai motor. Ada dua baterai yang cukup besar terdapat di bawah joknya, juga terdapat sekring, seperti yang terdapat di rumah tinggal kalian bro.

Dengan kapasitas baterai 60V 23Ah, untuk masing masing baterai. Jarak yang dapat di tempuh untuk satu baterai, dapat mencapai sekitar 60km. Jadi untuk dua baterai dapat mencapai jarak sekitar 120km,  dan kalian dapat langsung mencharge ke panel listrik yang ada di motor, atau kalian dapat membawa baterai masuk kedalam rumah.

Viar New Q1 sudah di lengkapi dengan penerangan LED pada bagian depan, dan juga sudah di lengkapi dengan DRL (Day Running Light). Sedangkan untuk lampu belakang masih menggunakan bohlam biasa, seperti halnya lampu sein belakang, sedangkan sein depan sudah menggunakan LED.

Motor ini menggunakan ukuran velg 10 inchi, sedangkan untuk roda depan dan roda belakang, keduanya menggunakan ukuran roda 90/90 – 10.

Ada beberapa kelebihan dan juga kekurangan yang ada pada motor listrik satu ini, kita bahas satu persatu ya bro, apa saja kelebiannya dan juga kekurangannya.

Untuk kelebihannya, motor ini sudah di lengkapi dengan remote, untuk keamanan, serta kita dapat mengetahui dimana letak Viar New Q1 kita, saat berada diparkiran. Terdapat slot USB, untuk mencharge gadget kita, seperti phonecell atau handphone. Keunggulan yang paling nyata adalah, kita tak perlu membli bensin lagi bro, hanya cukup mencharge batre motor ini.

Kalian bisa lebih menghemat pengeluaran bro, tidak seperti motor konvensional, dimana motor konvensional harus mengisi bahan bakar, yang mana kita harus mengeluarkan uang untuk itu. Tapi dengan menggunakan motor Viar New Q1 ini, bebas dari membeli bensin hahahaha.

Kini kekurangannya, motor ini terlalu kecil, jadi jika untuk berboncengan jujur, kasihan yang di bonceng hahaha. Lalu catatan kedua, posisi stang motor, stang motor ini cukup tinggi, sedangkan posisi jok menurut AD terlalu rendah. Otomatis akan membuat pegal pada daerah siku tangan, jika berkendara agak jauh sedikit.

Mungkin Viar dapat membuat versi baru untuk motor listriknya, dimana memiliki design yang lebih besar dimensinya, nyaman untuk pembonceng untuk kedepannya. Namun buat saya, motor ini memang worth it bro.

 

 

 

Author: ANDIKADIEGO

Tinggalkan Balasan